BAGANSIAPIAPI - Mempringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Rohil ditandai dengan peresmian Hutan Taman Kota Batu Enam Sabtu (5/6/2021) kemaren, lalu di lanjutkan Minggu (6/6/2021) dengan Lomba Melukis tingkat SMA sederajat di lokasi yang sama.

Lomba melukis bertemakan lingkungan hidup diikuti utusan pelajar SMA sederajat di Bagansiapiapi. Sejak pagi, lokasi hutan taman kota sudah diramaikan oleh pengunjung yang datang melihat pelajar SMA yang akan menuangkan imajinasinya lewat media coretan kuas dan cat di tembok bagian dalam, pagar hutan taman kota yang merupakan icon baru destinasi wisata lokal di Rohul itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil Suwandi SSos didampingi ketua panitia lomba melukis, H Khairul Amri menyebutkan lomba tersebut diikuti oleh utusan pelajar SMA sederajat di Rohil.

''Ini kegiatan tahunan, tahun 2020 lalu pesertanya pelajar SD dan SMP namun untuk tahun 2021 kali ini untuk tingkatan pelajar SMA sederajat,'' jelas Kadis DLH Rohil, Suwandi SSos.

Suwandi menambahkan bahwa lomba melukis ini di harapkan berlanjut setiap tahunnya.

"Dewan juri merupakan ahli independen, orang luar dan tidak punya kepentingan apa pun,'' ujarnya.

Setelah batas waktu untuk lomba melukis berakhir akhirnya dewan juri terdiri dari M Kudri Anwar, Syamsul Bahri dan Hidayat akhirnya selesai memberikan penilaian atas goresan kuas dan cat seluruh peserta.

Adapun juara pertama untuk kelompok Putra diraih Eko Dio Ssputra dari SMKN.I Bangko, Juara Kedua diraih Aldino dan Diovan dari SMAS Methodis Bagansiapiapi lalu tempat ketiga diraih Ilham Juanda dan Bambang Sugianto pelajar SMAN 3 Bangko.

Selanjutnya untuk kelompok putri, juara pertama direbut Yimularia Afri Liandi dan Azza Zika dari MAN I Rohil, untuk juara kedua diraih Nuranisa Salsabila dan Siti Nofita Sari pelajar SMAN 2 Bangko, untuk jura ketiga diraih Vela Dila Sari dan Melisa utusan SMAN 3 Bangko. ***