SELATPANJANG - Sebagai bentuk kesadaran dan tanggungjawab bersama terhadap kelestarian alam, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti melalui Lembaga Zakat Community Development mengadakan kegiatan peduli alam dengan melakukan penanaman pohon serentak seluruh Indonesia.

Panitia pelaksana penanaman pohon serentak seluruh Indonesia untuk Desa Centai, Misbahul Munir mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November 2019.

"Dalam penanaman pohon serentak Baznas melalui Lembaga ZCD melibatkan sahabat ZCD di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam acara penanaman pohon serentak ini," ujarnya.

Munir juga menjelaskan, Desa Centai, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu titik yang ikut berpartisipasi dalam penanaman pohon serentak ini, 300 bibit pohon disiapkan dan siap untuk dilakukan penanaman dengan jenis bibit diantaranya, Matoa 100 pohon, Nangka 100 pohon dan Jengkol 100 pohon. Adapun titik penanaman di Desa Centai dimulai dari pekarangan Kantor Desa Centai, posyandu, sekolah dan pekarangan warga.

Dalam acara penanaman kali ini melibatkan sahabat, Pemerintah Desa Centai, BPD, LPMD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan sekolah. Penanaman pohon dimulai dari pekarangan Kantor Desa Centai dilanjutkan ke pekarangan SDN 2 Desa Centai dan Madrasah Tsanawiyah Al- Huda Desa Centai. Untuk masing-masing sekolah diberikan 10 bibit pohon, 5 bibit pohon Matoa dan 5 bibit pohon Nangka, sementara masing-masing warga Desa Centai mendapatkan 1 bibit pohon," jelasnya.

Dalam kesempatan acara sahabat dan pemerintah Desa Centai menghimbau kepada warga untuk menjaga dan memelihara bibit pohon yang telah ditanam agar bisa tumbuh dengan baik.

"Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi kita semua dan bibit pohon yang telah ditanam juga bisa tumbuh dengan baik nantinya," harap pria berkaca mata itu. (rls)