BENGKALIS-Kejaksaan Negeri Bengkalis menggelar apel peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 tahun 2022 di halaman Kantor Kejari Bengkalis, Jumat (22/7/2022). Kajari Bengkalis, Rakhmat Budiman mendapat suprise dari Bupati dan Kapolres. 

Dalam sambutannya, Kepala Kejari Bengkalis, Rakhmat Budiman menyampaikan 7 perintah harian Jaksa Agung untuk dilaksanakan.

Pertama, tingkatkan kapabilitas, kapasitas dan integritas sama mengemban kewenangan berdasarkan undang-undang. Kedua, kedepankan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan. Ketiga, wujudkan penegakan hukum yang berorientasi pada perlindungan hak dasar manusia.

Keempat, tingkatkan penanganan perkara yang menyangkut kepentingan masyarakat. Kelima, akselerasi penegakan hukum yang mendukung pemulihan ekonomi nasional. Keenam jaga netralitas aparatur kejaksaan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Ketujuh tingkatkan transparansi akuntabilitas kinerja kejaksaan,” ujar Kajari di hadapan peserta apel yang dihadiri seluruh pejabat dan pegawai Kejari Bengkalis serta ibu-ibu Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD).

Puncak peringatan HBA ke-62 di Bengkalis tersebut diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang dimulai oleh Kajari Bengkalis beserta istri, dilanjutkan dengan para pejabat Kejari lainnya. Potongan tumpeng diberikan kepada para pegawai maupun honorer yang tertua dan termuda, kemudian pegawai yang lahir pada bulan Juli.

Surprise dari Bupati dan Kapolres

Masih bersempena HBA ke-62, Kejari Bengkalis mendapat surprise dari Bupati Bengkalis dan Kapolres Bengkalis. Ketika acara sudah berakhir, secara mengejutkan Bupati dan rombongan yang diwakili Sekretaris Daerah Bustami serta Kapolres dam rombongan yang diwakili Kompol Irnanda Oktora datang ke Kantor Kejari Bengkalis sambil membawa kue ulang tahun seraya mengucapkan selamat menyambut HBA ke-62.

Kajari Bengkalis Rakhmat Budiman merasa terharu ketika menerima kue ulang tahun dari Bupati dan Kapolres Bengkalis. Ia berharap kolaborasi dan kerjasama terjalin baik ini tetap terjaga.

"Terima kasih kepada Bupati dan Kapolres atas suprisenya memberikan kue ulang tahun, kolaborasi dan dukungannya selama ini tetap terjaga," ujar Rakhmat Budiman.

Hari Bhakti Adhyaksa tahun 2022 mengangkat tema “Kepastian Hukum, Humanis, menuju Pemulihan Ekonomi Nasional”. Tema tersebut merupakan wujud kepekaan kejaksaan melihat dinamika bangsa dan negara saat ini,serta menunjukkan optimisme kejaksaan dalam berperan menghadirkan penegakan hukum yang memberikan kemanfaatan luas dan menunjang kebangkitan ekonomi Indonesia.***