SELATPANJANG - Sabtu (24/6/2017) dipastikan menjadi hari terakhir dalam Bulan Ramadan 1438 H. Di Kepulauan Meranti, seperti biasa, diadakan malam pawai takbir dan diikuti ribuan peserta.

Pawai takbir pada malam lebaran ini diikuti banyak pihak. Ribuan peserta akan memadati jalan Kota Selatpanjang. Titik kumpul peserta pawai takbir mulai Taman Cikpuan hingga Kolam jalan Merdeka.

Pantauan GoRiau, peserta mulai berdatangan sebelum Salat Isya. Mereka terlihat bersiap-siap dengan berbagai atribut. Peserta pawai takbir akan mempertontonkan keunikan sambil melantunkan takbir mendandakan Ramadan telah berkahir dan akan segera masuk 1 Syawal.

Pada saat bersama, terlihat pula ratusan polisi gabungan dari Polres Kepulauan Meranti dan Polsek Tebingtinggi menggelar apel. Mereka siap memberikan pengamanan selama pelaksanaan malam pawai takbir hingga Salat Idul Fitri 1438 H, Minggu (25/6/2017) malam.

"Kita turunkan 102 personil," kata Waka Polres Kompol DR Wawan Setiawan SH MH, Sabtu malam.

Dijelaskan Wawan, dari 102 personil itu akan dibagi menjadi tim patroli dan ada juga yang standby di beberapa titik. Tim patroli ini menggunakan kendaraan bermotor roda dua hingga ronda empat.

"Pawai takbir dikawal roda empat dan roda dua. Nanti mobil Sabhara masuk di tengah dan penutup," ujar Wawan.

Sementara itu, personil yang berjaga di persimpangan harus melakukan penutupan jalur ketika rombongan pawai takbir tiba. Ini dilakukan agar iring-iringan pawai takbir Idul Fitri tidak mengalami kendala selama berkeliling di Ibukota Kepulauan Meranti.

"Seperti perang air kemarin kan kita tutup. Ini perayaan Idul Fitri, kita berlakukan sistem yang sama, kita tutup juga," tambah Wawan.

Pada malam pawai takbir, terlihat hadir Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, Wakil Said Hasyim, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Kapolres AKBP Barliansyah SIK, Danramil Bismi Tambunan.

Selain itu terlihat juga wakil Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti Taufikurrohman dan Muzamil, Ketua Fraksi PPP Dedi Putra SHI. Hadir juga Sekda Yulian Norwis, Ketua MUI dan kepala badan dan dinas se Kepulauan Meranti. ***