JAKARTA - Sekitar 80% korban tewas akibat terinfeksi virus corona berusia di atas 60 tahun. Sekitar 75% mengidap penyakit kardiovaskular atau diabetes.

Dikutip dari sindonews.com yang melansir dari situs resmi WHO, data tersebut diungkapkan Komisi Kesehatan Nasional China.

Sementara itu, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan ada peluang untuk menghentikan coronavirus jenis baru.

Keyakinan itu muncul sehari setelah pihak berwenang China mengakui adanya kekurangan dalam upaya mereka memerangi coronavirus.

''Ada peluang (untuk menghentikan coronavirus) melihat langkah-langkah kuat yang diambil China di pusat penyebaran wabah. Jadi, mari kita gunakan kesempatan ini untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dan mengendalikan wabah,'' ujar dia.

Pemerintah China telah mengisolasi 15 kota di Provinsi Hubei. Setidaknya empat kota di Provinsi Zhejiang yakni Hangzhou, Taizhou, Wenzhou, dan Ningbo, juga telah diisolasi.

Kebijakan serupa pun diterapkan di dua kota di Provinsi Heilongjiang yang berada di timur laut China. Sementara itu, di Provinsi Henan yang berbatasan dengan Hubei, sebuah distrik di Kota Zhumadian memutuskan bahwa setiap lima hari sekali, hanya satu orang per rumah tangga yang dapat meninggalkan rumahnya. ***