PEKANBARU - Seorang pencuri spesialis congkel jok sepeda motor, WP (29) berhasil diringkus tim opsnal Polsek Limapuluh, Pekanbaru, Riau, Rabu (14/9/2016) siang. Pelaku bahkan mengaku sebagai oknum wartawan saat dipergoki korbannya. Sebuah dompet milik korban berisi uang Rp2,7 juta turut diamankan sebagai barang bukti.

Peristiwa pencurian itu terjadi di jalan Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, tepatnya di parkiran Kantor Camat Limapuluh sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu, korban, Endang Wahyu Ningsih (35) warga jalan Nuri, Kecamatan Tampan, Pekanbaru memergoki pelaku di dekat sepeda motornya sambil memegang dompet miliknya.

Korban langsung mendekati pelaku dan mengambil kembali dompetnya. Pelaku sempat terlibat perdebatan dengan korban hingga memancing perhatian orang-orang disekitar TKP dan menanyakan apa yang terjadi.

"Pelaku berusaha berkilah dan mengaku-ngaku sebagai wartawan. Warga yang tidak percaya langsung menghubungi Polsek Limapuluh," kata Kanit Reskrim Polsek Limapuluh, Ipda M Bahari Abdi, Jum'at (16/9/2016).

Kepada GoRiau.com, Abdi menceritakan, setibanya di TKP, petugas terpaksa harus bekerja ekstra karena pelaku sempat melarikan diri. "Pelaku baru bisa ditangkap di jalan Hasanuddin oleh anggota Intelkam Polsek Limapuluh dan langsung diamankan ke Mako," bebernya.

"Saat ini kita masih lakukan penyidikan dan pengembangan lebih lanjut terhadap pelaku. Untuk proses hukum, pelaku dijerat pasal 363 KUHP, ancaman diatas lima tahun penjara," tutup Kanit.***