SIAK - Sebanyak 587 paket sembilan bahan pokok (sembako), bantuan Pemkab Siak tahap II disalurkan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP). Bantuan tahap II ini diserahkan Bupati Siak Alfedri secara simbolis kepada para Camat.

"Bantuan tahap I kemarin itu totalnya 392 paket. Nanti Camat yang akan mendistribusikannya ke masyarakat yang masuk daftar ODP Covid-19. Mereka ini tidak diperbolehkan keluar rumah," kata Alfedri kepada GoRiau.com, Selasa (7/4/2020).

Bantuan sembako hasil pengalangan dana secara sukarela dari seluruh pimpinan OPD, kepala Bagian, para Camat di lingkungan Pemkab Siak dan para Anggota DPRD Siak ini yang sudah terkumpul dan disalurkan sebanyak 1.400 paket sembako.

"Semoga bantuan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan Orang Dalam Pantauan (ODP) yang berada di sejumlah kecamatan,"kata Alfedri saat menyalurkan bantuan di kediaman Komplek Abdi Praja, Kota Siak Sri Indrapura, Senin, (6/4/2020).

Dikatakannya satu paket sembako terdiri dari 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, satu papan telur, satu kaleng sarden ditambah mie instan. Satu paket bantuan itu bernilai Rp125 ribu.

"Kita prioritaskan untuk ODP yang kurang mampu dan juga bagi masyarakat yang terdampak perekonomiannya. Sementara bagi yang mampu seperti ODP berstatus mahasiswa belum diberikan karena dinilai masih berkecukupan," kata Bupati.

Alfedri juga menyampaikan, kedepan tetap akan menggalang dana bantuan sembako ini. dengan mengajak aparatur sipil negara (ASN) berpangkat Eselon III di lingkungan Pemkab maupun Pegawai Sekretariat DPRD Siak untuk membantu meringankan beban warga tidak mampu khusus yang terpapar virus Corona atau Covid 19.

"Kita menghimbau kepada para ASN eselon III di lingkungan Pemkab Siak, untuk bahu-membahu meringankan saudara kita yang tidak mampu terkena wabah Corona,"himbaunya.

Selain itu pihak lain juga dirangkulnya untuk memberikan sumbangan seperti masker. Seperti yang dilakukan Dewan Kerajinan Daerah Siak (Dekranasda) yang menjahit hingga 10 ribu masker kain untuk ODP dan masyarakat. (adv)