BAGANSIAPIAPI – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau melaunching penggunaan aplikasi Sistem Informasi Laporan Fisik dan Keuangan (Sialang). Lewat aplikasi ini diharapkan akan meningkatkan kinerja pemerintah daerah.

Launching yang digelar di aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) tersebut dilakukan oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong yang diwakili Sekda Rohil Fery H Parya, Senin (12/9/2022). Turut hadir Asisten II Rahmatul Zamri, para Kepala OPD serta camat.

GoRiau

Sekda Rohil Fery H Parya mengatakan, tujuan pembuatan aplikasi Sialang tersebut ialah untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pembangunan agar tersedianya data realisasi fisik dan keuangan yang akurat, mutakhir, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan sebagai wadah untuk saling berkoordinasi dan berkomunikasi antar lembaga pemerintah di Kabupaten Rohil.

"Berhubung aplikasi Sialang baru dilaunching, untuk proses penggunaannya memerlukan bimbingan teknis (Bimtek) agar semua OPD bisa menggunakannya dengan baik. Bimtek tersebut akan dilakukan dalam waktu seminggu ke depan, dengan sistem per hari ada beberapa OPD saja yang mengikuti agar lebih fokus dan kondusif," katanya.

Pembuatan aplikasi Sialang lanjutnya, sudah dicanangkan sejak tahun 2020, tapi karena Diskominfotik baru berdiri pada tahun tersebut, aplikasi Sialang baru bisa diresmikan saat ini hingga dapat digunakan oleh semua OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir termasuk di semua kecamatan.

Aplikasi Sialang juga dirancang untuk mempermudah sistem pelaporan dan proses pelaporannya tidak perlu manual, sehingga bisa mengefisiensi waktu.

Melihat perkembangan teknologi saat ini, Pj Sekda Rohil menghimbau dan mengharapkan semua peserta bimtek nantinya memanfaatkan kesempatan tersebut agar penggunaan aplikasi Sialang dapat berjalan dengan baik.

"Diharapkan untuk seluruh peserta memanfaatkan kesempatan kali ini sebaik-baiknya, jangan malu bertanya, agar penggunaan aplikasi Sialang ini dapat berjalan dengan dinamis, berkualitas, relevan, efektif dan akuntabel," tutupnya.

Sementara itu, Asisten II Bupati Rohil Rahmatul Zamri menyampaikan aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk Kabupaten Rokan Hilir.

"Aplikasi ini sangat kita butuhkan karena kemarin sempat ada kebocoran data, tapi bisa kita perbaiki, dan ditambah adanya aplikasi ini, semua laporan bisa terintegrasi dengan baik," ujarnya. ***