TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang meninggal pada Ahad (5/4/2020) kemaren.

Seiring permohonan maaf tersebut, Pemkab Kuansing juga menyampaikan ucapan belasungkawa. Terutama, sepupu korban yang baru pulang dari Jember, Jawa Timur.

"Kami atas nama Pemkab Kuansing dan RSUD menyatakan simpati dan turut berduka cita atas meninggalnya almarhum," ujar dr. Irvan Husin, Direktur RSUD Telukkuantan yang juga salah seorang juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kuansing, Senin (6/4/2020).

Irvan mengakui bahwa ada kesalahan informasi tentang riwayat kontak almarhum RA. Informasi awal berasal dari Kepala Puskesmas Lubuk Ramo dan famili pasien.

"Kami belum sempat dalami atau croscek. Kami minta maaf atas hal itu dan tadi saya sudah menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada sepupu almarhum," ujar Irvan.

Pemkab Kuansing mengucapkan terimakasih atas klarifikasi yang diberikan oleh Jodi Irawan, sepupu almarhum RA. Dimana, Jodi tidak pernah bertemu ataupun kontak dengan almarhum sejak kembali dari luar daerah.

Terkait penetapan status PDP almarhum, lanjut Irvan, berdasarkan hasil pemeriksaan dan penilaian yang berdasarkan panduan Covid-19 yang ditetapkan oleh Ketua Tim PIE/Covid-19 RSUD.

"Kita sudah mengambil sampel swab, mudah-mudahan hasilnya negatif," ujar Irvan.

Pemkab Kuansing mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik. Pemerintah mengajak seluruh masyarakat memberikan dukungan untuk ODP dan PDP Covid-19 serta tenaga medis.

"Jangan berstigma negatif terhadap mereka," kata Irvan.

Irvan juga mengingatkan masyarakat agar tetap melakukan pembatasan fisik. Kemudian, berupaya di rumah dan menghindari keramaian.

"Sebab, walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya," tutur Irvan.

Jika memang harus keluar rumah, kata Irvan, gunakan alat pelindung diri, terutama masker. Irvan juga mengajak masyarakat untuk selalu membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mulai dari rutin mencuci tangan, rajin olahraga dan konsumsi makanan yang bervitamin.***