PERAWANG, GORIAU.COM - Dalam rangka mengantisipasi dampak Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) Provinsi Riau Bagi Masyarakat khususnya di Kabupaten Siak, PT Indah Kiat Pulp & Paper Terbuka (IKPP Tbk)-PT. Arara Abadi (AA)-Sinar Mas Forestry (SMF) dan Eka Hospital Pekanbaru secara cepat melaksanakan kegiatan Sinar Mas Peduli Asap dengan melakukan kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis serta pembagian puluhan ribu masker yang telah berlangsung sejak Tgl.03/09/201 sampai dengan saat ini di beberapa tempat daerah operasional perusahaan Group Sinar Mas. Seperti di Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru- Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Rokan Hilir dan juga akan menyusul daerah lainnya.


Menurut Public Relations PT.AA-SMF Ir. Nurul Huda, M.H. M.I.Kom kepada Media menyampaikan: ''Kegiatan Sinar Mas Pedul Asap ini merupakan bagian dari rangkaian bantuan dan kepedulian serta peran aktif perusahaan yang bernaung dalam managemen Sinar Mas membantu Tim Satuan Tugas Kebakaran Lahan dan Hutan (Satgas Karlahut) Provinsi Riau dibawah kepemimpinan Plt. Gubernur Riau H. Asyadjuliandi Rachman, Insiden Commander Danrem 031 WB Brigjend.TNI Nurendi, M.Si.S (Han), Ka.BPBD Edwar Sanger serta Dinas Kesehatan Provinsi maupun Kabupaten di Riau.


Kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis telah berlangsung dari tanggal 11 - 15 September 2015 lalu pada tiga daerah yaitu: Panam Kec.Tampan Pekanbaru, Desa Dosan Pusako Siak serta Tualang Timur-Perawang, lebih dari 2.000 pasien dilayani oleh para tenaga medis (Dokter dan Perawat) serta tenaga administrasi yang berjumlah 15 orang dari Eka Hospital Pekanbaru dengar berbagai keluhan penyakit ISPA, Kulit serta penyakit lannya. Semuanya dilayani secara baik dan gratis.


Sementara itu disamping kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis, Sinar Mas Peduli Asap juga telah membagi-bagikan langsung 30.000 Pcs Masker secara gratis kepada masyarakat kepada sekolah-sekolah, bekerjasama dengan Pemuda, Pramuka, Wartawan dan Media serta Kepala Desa disekitar areal operasional perusahaan. Untuk Kabupaten Siak kita telah mendistribusikan 11.528 Masker, Pekanbaru 7.000 , Sei Pakning Bengkalis, Tembilahan Inhil, Sorek Pelalawan Total 11.500, dan jumlah ini kami yakini akan bertambah seperti Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, dll tergantung situasi dan kondisi nantinya''.


Tidak hanya kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan serta Pembagian puluhan ribu masker saja yang digratiskan oleh Managemen Sinar Mas di Riau, Sinar Mas Juga bergabung dengan Tim Satgas Karlahut Riau baik di Provinsi maupun di Pemda Kabupaten-Kabupaten, disamping berjaga-jaga agar lahan tidak ikut terbakar juga ikut serta membantu tim satgas memadamkan api dibawah Komando Satgas Karlahut Riau dengan mengerahkan 1 Helicopter water bombing, 36 Menara Api ketinggian 30 Meter, Drone Camera  dan CCTV pada 6 Titik. serta 800 orang tenaga RPK terlatih dan bersertifikat lengkap dengan ratusan pompa (ribuan meter slang dan Nozle), fire truk dan pumpbarge serta 3 Airboat dan lebih 1.500 Tenaga Masyarakat Peduli Api (MPA) yang telah dilatih Sinar Mas Forestry Wilayah Riau, karena bagi Sinar Mas jika terjadi Kebakaran di lahan HTI nya merupakan Kerugian besar dan Tindakan Bunuh Diri, itu sudah diterapkan Sinar Mas sejak Tahun 1996 yang lalu melalui kebijakan “no burn policy” Kebijakan Tanpa Bakar,” demikian Nurul Huda menjelaskan. (rls)