JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggelar Sidang Paripurna MPR - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

Sidang yang sedianya mulai digelar pada pukul 14.30 WIB tertunda karena Jokowi, Jusuf Kalla dan Maruf Amin, baru memasuki ruangan Rapat Paripurna I pada pukul 15.27 WIB. Seharusnya, Presiden, Wakil Presiden, Presiden Terpilih, Wakil Presiden terpilih, bersama Pimpinan MPR RI sudah memasuki Ruangan Rapat Paripurna I sejak pukul 14.28 WIB.

Usai kehadiran Jokowi di ruang sidang, acara pun dimulai dengan menyanyikan secara bersama-bersama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Disusul, mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Dengan mundurnya jadwal acara selama kira-kira 1 jam, maka Pengucapan Sumpah Presiden yang seharusnya berlangsung pukul 14.56 WIB, hingga usainya rangkaian acara yang dijadwalkan pukul 15.12 WIB pun akan molor.

Meski molor, pelaksanaan sidang tetap berlangsung penuh suka cita. Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo berhasil membuka sidang dengan respon gembira segenap yang hadir, dengan kebiasaan Bamseot berpantun.***