PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pelalawan melalui Bagian Humas dan PDE Sekretariat Pemkab Pelalawan, berkomitmen mengembangkan pemasaran Batik Bono khas Pelalawan.

"Kita komit untuk mengembangkan pemasaran Batik Bono di tengah-tengah masyarakat,"ujar Kabag Humas dan PDE Sekretariat Pemkab Pelalawan Drs Farid Mukhtar M.Si, Jumat (23/5/2014).

Dijelaskan Farid, Batik Bono berbahan katun doby tebal dengan motif surfer diatas gelombang Bono, dengan bahan kain yang kilat serta warna cerah memperindah kain Batik Bono khas Pelalawan.

"Batik Bono memiliki aneka warna seperti hitam, biru, orange, kuning dan merah namun motif sama, yakni gambar seorang surfer diatas gelombang Bono,"jelasnya.

Menurut Farid, ide awal Batik Bono bermula dari keinginan Bupati Pelalawan HM Harris untuk mempromosikan wisata Bono melalui kain batik.

"Ide Pak Bupati ini bertujuan mempromosikan wisata Bono di tingkat nasional dan mancanegara. Dan Batik Bono menjadi cindera mata bagi tamu yang berkunjung ke Pelalawan,"katanya.

Diakui Farid, minat masyarakat menggunakan Batik Bono cukup tinggi, bahkan sudah banyak masyarakat yang memesan dan memborongnya.

"Selain agar bisa diterima, diharapkan juga bisa menjadi industri rumah tangga yang menjanjikan bagi masyarakat,"tutupnya.(rkn)