PANGKALAN KERINCI - Kabupaten Pelalawan bersama Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kampar mengharumkan nama Provinsi Riau menjadi juara umum lomba masak serba ikan ke-16 tingkat nasional.

Kabupaten Pelalawan berhasil juara melalui masakan olahan ikan untuk kategori kudapan, Bengkalis kategori menu utama dan Kampar kategori menu balita.

Lomba digelar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bersempena peringatan Hari Ikan Nasional ke-5 tahun 2018 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pelalawan, Wahidudin, Minggu (9/12/2018) mengatakan, dalam rangkaian peringatan Harkannas digelar lomba masak serba ikan mengambil tema ikan bandeng yang diikuti oleh 34 provinsi.

Riau mengutus Pelalawan, Bengkalis dan Kampar. Pelalawan untuk kategori kudapan atau makan pembuka, Kampar kategori makanan balita dan Bengkalis kategori menu utama.

"Awalnya Riau hanya Bengkalis yang juara 3, namun dari nilai keseluruhan secara akumulatif akhirnya Riau dapat juara umum dan berhak meraih piala tetap dan uang sejumlah Rp 15 juta," paparnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan, Hj Ratna Mainar Harris menyampaikan rasa bangganya dapat memberikan prestasi bagi Riau.

”Tahun lalu kita Pelalawan juara 1 namun Provinsi Riau tak jadi juara umum. Tapi tahun ini dengan nilai yang diakumulasi, Riau menjadi juara umum menu keluarga pada lomba masak serba ikan tingkat nasional tahun ini," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk Pelalawan keberhasilan ini tidak lepas dari keuletan Tim PKK Kabupaten Pelalawan dalam mengangkat potensi menu masakan melayu dari berbagai jenis ikan. "Ini adalah prestasi bersama juga dari Kabupaten Bengkalis dan Kampar,” tandasnya. ***