PEKANBARU - Setiap Selasa merupakan hari pekan di Pasar Panam, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Selasa (21/4/2020) ini, adalah hari pekan pertama di Pasar Panam, sejak diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Pekanbaru.

Pantauan Goria.com, Selasa siang, sekitar pukul 10.00 hingga 11.00 WIB, suasana di Pasar Panam tak jauh berbeda dengan hari pekan seminggu yang lalu atau sebelum PSBB diberlakukan di Pekanbaru.

Pedagang dan pembeli tetap ramai, meski pun tidak seramai saat sebelum virus corona mewabah di Pekanbaru.

Di beberapa tempat di tengah pasar, para pembeli tak bisa menghindari berdesakan. Sempitnya gang-gang yang harus dilalui para pembeli di tengah pasar, juga menyebabkan mereka tak bisa menghindari bersentuhan.

Tak hanya pembeli, sebagian pedagang pun tidak menerapkan phisycal distancing (menjaga jarak), karena sempitnya lapak tempat mereka berjualan.

Sebagian pedagang dan pembeli terlihat tidak memakai masker. Sejumlah pedagang yang memakai masker tampak menurunkan masker dari hidung dan mulutnya saat melayani pembeli.

Demikian juga dengan sejumlah pembeli, mereka menurunkan masker dari hidung dan mulutnya saat menawar dagangan yang akan dibelinya.

Seperti diketahui, sejak Jumat (17/4/2020) lalu, PSBB sudah diberlakukan di Pekanbaru. Penerapan PSBB dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hingga Jumat ini, kasus positif virus corona yang terkonfirmasi di Pekanbaru berjumlah 17 orang. Terbanyak di Kecamatan di Tampan, yakni 8 orang.bas