PEKANBARU - Kota Pekanbaru ternyata kekurangan ribuan surat suara yang membuat resah masyarakat, karena tidak dapat memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019 hari ini, Rabu, (17/4/2019). Menghadapi permasalahan itu, Walikota Pekanbaru Firdaus telah menggelar rapat koordinasi bersama KPU, Bawaslu, dan Forkopimda, dimana akhirnya diputuskan untuk melakukan pemilihan lanjutan.

"Berdasarkan regulasi, kita putuskan solusinya adalah dengan melakukan pemilihan lanjutan untuk masyarakat yang sudah terdaftar tetapi belum mencoblos karena surat suara tidak ada. Kapan waktunya dan teknisnya itu tergantung dari Bawaslu," ujar Firdaus usai rapat.

Menurut Firdaus, surat suara yang kurang tersebut adalah surat untuk Pilpres. Ribuan surat suara yang kurang ini, merata hampir di semua TPS yang ada.

"Ribuan surat suara ini justru yang untuk Pilpres, dan rata - rata TPS kekurangan. Dan kekurangan itu rata - rata di masing - masing TPS bisa mencapai 50 persen," ungkapnya.

Ads
Meskipun begitu, Firdaus mengklaim tidak ingin berprasangka buruk terkait meratanya kekurangan surat suara ini. Meskipun sangat disayangkan.

"Kita menyayangkan, tetapi kita tidak akan berprasangka buruk lebih dulu. Mungkin saja petugasnya sudah capek, salah menentukan data dan sebagainya," terangnya. ***