PEKANBARU, GORIAU.COM - Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Paulus Lodewijk mengatakan sebanyak 2.750 personel TNI/Polri siap mengamankan jalur kedatangan Wakil Presiden RI Boediono saat pembukaan Peparnas XIV 2012 di Pekanbaru, Riau, 7 Oktober 2012.


''Khusus VVIP yakni pengamanan Wapres, kami menyiapkan sebanyak 2.750 personel baik TNI maupun Polri,'' kata Lodewijk usai memimpin apel gelar pasukan pengamanan VVIP dalam rangka pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV 2012 di Pekanbaru, Sabtu sore.


Ia menjelaskan, nantinya ribuan personel tersebut akan ditempatkan di sejumlah lokasi yang menjadi pelintasan Wapres, mulai dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru hingga penginapan (hotel) dan lokasi acara yakni di Stadion Kaharuddin Nasution.


Sementara Pangdam mengatakan, dilakukannya acara gelar pasukan khusus VVIP ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kekuatan tugas-tugas pengamanan Wapres.


''Diharapkan, prajurit yang bertugas dan terlibat pada pengamanan VVIP dapat dengan total untuk segala persiapan,'' katanya.


Kemudian, demikian Pangdam, seluruh pasukan diharapkan untuk mampu melaksanakan koordinasi pengamanan terorganisir, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Harapannya, lanjut dia, sistem pengamanan dapat dilakukan secara optimal dan fokuskan agar prajurit untuk mampu mengatasi berbagai potensi gangguan ketertiban.

'


'Selama Peparnas, petugas juga diminta untuk tetap menjaga kondusifitas guna kelancaran pelaksanaan Peparnas 2012,'' katanya.


Menurut dia, tugas pengamanan ini adalah suatu kehormatan dan diharapkan dapat dilaksanakan dengan bersungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab.


''Yang jelas, tingkatkan koordinasi. Setiap petugas harus tahu tanggungjawabnya, serta selalu melakukan pengecekan kesiapam mulai dari perlengkapan dan lainnya,'' kata dia.


Acara pembukaan Peparnas XIV 2012 menurut jadual akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, Riau. (ant)