PEKANBARU - Citra satelit Terra pada Sabtu (22/2/2020) pagi ini, mencatat ada sebanyak empat titik panas (Hotspot) yang terdeteksi di Pulau Sumatera. Yang mana, empat hotspot ini berada di level confidence di atas 50 persen.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yudhistira Mawaddah mengatakan, bahwa empat hotspot di Sumatera tersebut tersebar di Provinsi Riau sebanyak dua titik, serta Sumatera Utara (Sumut) dan Lampung masing-masing satu titik.

"Adapun dua titik yang terdeteksi di Riau ini berada di Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai masing-masing satu titik," kata Yudhistira di Pekanbaru, Sabtu pagi.

Lebih detailnya, kata Yudhistira, satu titik panas yang terdeteksi di Bengkalis berada di Kecamatan Rupat dan satu titik lagi di Kecamatan Bukit Kapur Dumai. Di mana, kedua titik ini ternyata berada di atas level 70 persen atau diduga sebagai titik api.

"Satu titik yang di Rupat berada di level confidence 77 persen dan satu titik di Bukit Kapur di level confidence 82 persen," tutupnya. ***