PEKANBARU - Nahdlatul Ulama (NU) berencana untuk membangun sebuah gedung setinggi 9 lantai di Pekanbaru, Provinsi Riau. Hal itu dikumandangkan Ketua PWNU Riau Rusli Ahmad ketika harlah NU ke - 92 dan pelantikan pengurus PWNU yang diselenggarakan di Mesjid Agung An- Nur, Rabu, (9/5/2018).

Rusli Ahmad mengungkapkan, bangunan sembilan lantai itu diperkirakan akan memakan biaya Rp40 miliar lebih, yang diberi nama Tower Sembilan Bintang. Rencananya, gedung yang terinspirasi dari kopiah Bung Karno itu akan dibangun tahun depan.

"Hari ini sama- sama kita lihat, dibelakang kita akan ada NU Tower, tingginya akan kita bangun 9 lantai, dengan perkiraan biaya kurang lebih Rp40 miliar. Nanti namanya akan kita sebut Tower Sembilan Bintang yang terinspirasi dari kopiah Bung Karno," ujarnya.

Tidak hanya dihadapan ribuan masyarakat dan pelajar yang tampak memenuhi halaman masjid nan luas tersebut, Presiden Joko Widodo juga turut mendengar dan diharapkan Rusli Ahmad akan turut menyumbang untuk pendanaan pembangunan Tower tersebut.

"Tahun depan kita akan mulai membangunnya, dan semoga Bapak Jokowi turut menyumbangkan nanti untuk membangun Tower ini," seru Rusli disambut teriakan masyarakat yang antusias.

Selain itu, Rusli Ahmad juga mengungkapkan donatur - donatur yang telah berpartisipasi dalam pembiayaan Tower Sembilan Bintang ini. Sebagai Provinsi yang menjadi gudangnya para kiayi, donatur terbanyak pun berasal dari pihak tersebut.

"Iuran dari pengurus pengurus wilayah, 2 orang profesor, 8 doktor, kepala dinas ada 4, anggota legislatif ada 7, kalau pengusaha ada banyak, kalau kiayi jangan tanya lagi, karena riau gudangnya para kiyai," paparnya yang kembali disambut tepuk tangan riuh masyarakat.

"Karena Riau ini, kalau di Kampar terkenal Serambi Mekkah, di Rohul kampung saya negeri Seribu Suluh, dan Rohil terkenal dengan Seribu Kubah. Artinya Riau ini adalah gudangnya kiayi, dan ulama," tegasnya. ***