SELATPANJANG - Kamis (9/2/2017) pihak kecamatan Tebingtinggi Timur Kepulauan Meranti, Riau, menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). Dalam Musrenbang tingkat kecamatan ini, yang menjadi prioritas utama adalah infrastruktur jalan, kesehatan, pertanian dan perkebunan.

Musrenbang Kecamatan 3T dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim, Kepala Bappeda Maamun Murod, kepala SOPD, Camat Tebingtinggi Timur Tunjiarto dan staf, Kapolsek Tebingtinggi AKP Syafril, pihak Koramil, serta tokoh masyarakat. Hadir juga anggota Komisi B DPRD Kepulauan Meranti Edy Mayshudi. Musrenbang digelar di Aula Kantor Camat 3T Desa Seitohor.

Dalam penyampaiannya, Tunjiarto mengatakan pihak kecamatan telah merekap prioritas pembangunan untuk kedepannya. Antara lain infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan, pertanian dan perkebunan. Kata Tunjiarto, masyarakat 3T sangat berharap jalan poros dari Lukun ke Seitohor Barat bisa segera dituntaskan. Sebab, dengan adanya akses yang memadai, akan mempermudah masyarakat Lukun pergi ke Seitohor atau ke kecamatan untuk berurusan. Dengan akses jalan, selain mempermudah akses, kata Tunjiarto lagi, juga akan mengurangi biaya transportasi.

Saat itu, Tunjiarto juga berharap pihak terkait segera meresmikan penggunakan Puskesmas di Seitohor. Sebab, Puskesmas Seitohor itu telah selesai dibangun beberapa bulan yang lalu. Sehingga, dengan diresmikan puskesmas ini, masyarakat akan bisa mendapat pelayanan kesehatan dengan maksimal.

Edy juga mendorong pemerintah daerah agar mempercepat pengerjaan jalan poros desa ke desa, desa ke kecamatan, dan kecamatan ke kecamatan. Sebab, kata Politisi PPP itu, jika akses jalan sudah memadai, ini secara tidak langsung akan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat. "Kita harap dinas terkait memprioritaskan infrastruktur jalan poros pada tahun 2018. Gunakan ADD, APBD kabupaten, dan usahakan juga dengan maksimal dana dari provinsi, dan APBN," kata Edi.

Di tempat yang sama, Said Hasyim mengatakan forum Musrenbang itu sangat penting sekali. Oleh karena itu, Ia berharap semua pihak serius membahas apa yang menjadi usulan sehingga pembangunan kedepan bisa tepat sasaran dan terarah sebagaimana diharapkan banyak pihak. "Yang terpenting, saya harapkan keinginan akan infrastruktur jalan ini kedepannya bisa cepat direalisasi dengan maksimal. Kalau ini terwujud, tentu akan memberikan dampak yang positif kepada semua pihak," kata Said Hasyim.

Dalam kesempatan itu, Said Hasyim juga berharap pihak desa agar membuat monografi (tentang desa). Sehingga, data desa, kecamatan, dan kabupaten berkesinambungan dan terarah. Ini juga akan mempermudah dan mendorong percepatan pembangunan di Kepulauan Meranti. "Intinya, dalam aspek pembangunan, kita semua harus bekerja keras dan saling bahu membahu. Kita harap instansi terkait bisa membawa dana dari provinsi, dan pusat sebesar-besarnya untuk pembangunan di Kepulauan Meranti yang kita cintai in," ujar Said Hasyim.

Usai mengikut Musrenbang, Said Hasyim juga menyempatkan melihat pembangunan tempat air bersih atau PDAM di Desa Seitohor. Kemudian, mantan Sekda Siak ini juga meninjau kilang sagu dari kelompok usaha bersama masyarakat setempat. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini