PANGKALAN KERINCI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menggandeng Bank Riau Kepri, sebagai upaya meningkatkan pelayanan dalam hal penerimaan sekaligus pembayaran berbagai jenis pajak di wilayah setempat.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Pelalawan dengan PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri tentang layanan jasa perbankan di lingkungan Pemkab Pelalawan.

Penandatangan dilakukan oleh Bupati Pelalawan, H Zukri dengan pimpinan Bank Riau Kepri di Pekanbaru, Selasa (7/6/2022).

"MoU ini terkait dengan peningkatan pelayanan perbankan di lingkungan Pemkab Pelalawan, terutama untuk meningkatkan pelayanan terhadap pembayaran pajak," terang Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pelalawan, Devitson Saharuddin, usai penandatangan MoU, kepada GoRiau.com.

Dijelaskannya, dalam rangka peningkatkan pelayanan terhadap pembayaran pajak di kabupaten Pelalawan, nantinya aplikasi dan sistemnya akan ditingkatkan.

"Jadi, aplikasi dan sistemnya akan ditingkatkan. Yang selama ini masih manual hanya 1 pajak PBB akan ditingkatkan ke seluruh pajak yang ada. Ada 11 pajak lainnya," beber Devitson.

Nantinya, masyarakat dapat melakukan berbagai pembayaran pajak dengan non-tunai melalui Wizz dan e-Banking.

"Kemudian, juga terhadap SIPD yang terkoneksi antara Pemda dengan Bank Riau dalam pencairan SP2D di OPD yang ada di Kabupaten Pelalawan," bebernya lagi.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Pelalawan dengan Bank Riau Kepri ini, lanjut Devitson, dalam rangka memberikan pelayanan lebih baik serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan.

"Terutama dalam transaksi pembayaran pajak dan juga di pemerintahan melakukan transaksi-transaksi non-tunai seluruh OPD. Ini akan segera digesa pelaksanaan transaksi non-tunainya," ujarnya.

Menurut Devitson, langkah selanjutnya teknisi dari kedua belah pihak akan mengkoneksikan sistem dan aplikasi yang ada pada masing-masing OPD dengan Bank Riau Kepri.

"Jadi akan menjauhkan terhadap kegiatan-kegiatan transaksi yang dilakukan secara tunai," pungkasnya.***