PEKANBARU - Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, mengajak semua kader PAN yang ada di Provinsi Riau untuk mulai memfokuskan diri dalam menghadapi Pemilu 2024, karena waktu yang tersisa sudah tidak banyak.

Disampaikan Wakil Ketua MPR RI ini, besar atau tidaknya suatu partai itu dinilai dari total jumlah kursinya di parlemen. Sehingga, keberhasilan PAN di 2024 harus menjadi perhatian semua tingkatan.

Menurut pria yang akrab disapa Zulhas ini, sebagai partai tengah, PAN merupakan partai yang bisa diterima dimana saja, salah satunya di Provinsi Riau yang merupakan daerah mayoritas melayu muslim.

"Di Riau ini, mayoritas muslim, melayu, banyak juga 'urang awak' disini, tapi kok kita tidak bisa jadi Pimpinan DPRD Provinsi, dan kader kita yang jadi kepala daerah juga cuma satu orang," ujar Zulhas, Jumat (21/1/2022) dalam agenda Rapat bersama Koordinasi wilayah untuk pemenangan Pemilu 2024 di Pekanbaru.

Baca juga: Di Hadapan DPP, Alfedri Sampaikan Target PAN Riau di Pemilu 2024

Zulhas kemudian membandingkan bagaimana Partai PAN di Papua, dimana PAN punya Pimpinan DPRD Provinsi, dan Anggota DPR RI nya juga banyak. Begitu juga di Sulawesi Utara, apalagi Sumatera Barat.

Artinya, sambung Zulhas, subur atau tidaknya PAN di suatu wilayah tergantung kepada kemampuan pengurus partai dalam mengurus partai. Semua harus bisa bekerja dalam membesarkan partai.

"Lambang kita matahari, matahari itu tidak pernah pilih-pilih orang untuk memancarkan sinarnya," ujarnya.

Selain itu, Zulhas juga menceritakan ke para kader bagaimana suatu kebijakan politik bisa mempengaruhi hidup orang banyak. Peran ini yang mestinya bisa diperankan oleh PAN supaya masyarakat bisa semakin sejahtera. ***