JAKARTA - Mantan Walikota Pekanbaru dua periode, Herman Abdullah MM dikabarkan meninggal dunia usai sempat dirawat di RS Awal Bross pada Jumat pagi (21/1/2022). Kabar tersebut tersebar di group-group Whatsapp. Informasi ini dipastikan sang anak, Irvan Herman adalah tidak benar alias Hoax.

"Tidak benar, alhamdulillah Bapak masih dalam perawatan. Kabar tersebut Hoax," ujar Irvan Herman kepada GoNews.co, Jumat (21/1/2022) malam.

Saat ini menurut Irvan, sang ayah saat ini memang sedang dirawat di rumah sakit. Namun kondisinya berangsur membaik. "Sekali lagi bapak sedang dirawat di rumah sakit. Namun keadaan audah membaik dan insyaallah segera pulang," tegas Wasekjend DPP Partai Amanat Nasional ini.

"Mohon doanya saja agar bapak kembali pulih dan sehat, bisa berkumpul kembali dengan keluarga," paparnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PAN, Zukkifli Hasan mengaku telah mendengar bahwa Mantan Walikota Pekanbaru, Herman Abdullah terbaring sakit. Ia pun mengajak para kader untuk mendoakan sosok penting dalam pembangunan Kota Pekanbaru tersebut. Hal itu diungkapkan Zulkifli Hasan disela-sela rapat dengan jajaran pengurus PAN se- Riau, di Hotel Bono Pekanbaru, Jumat (21/1/2022).

"Tadi saya di bandara dijemput oleh Wasekjend Irvan Herman (anak Herman Abdullah). Dia tidak bisa ikut mendampingi karena dia menemani ayahnya yang sakit. Pak Herman Abdullah banyak jasa untuk Kota Pekanbaru, mari kita doakan kesembuhan beliau," kata Zulhas.

Diberitakan sebelumnya, kondisi kesehatan Mantan Walikota Pekanbaru dua periode, Herman Abdullah MM dikabarkan memburuk. Pada Jumat (21/1/2022), sekitar pukul 07.00 WIB, Herman Abdullah juga dikabarkan telah dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bross Pekanbaru.

Untuk diketahui, Drs. H. Herman Abdullah M.M. lahir pada 18 Juli 1950. Ia merupakan seorang birokrat dan politikus Indonesia. Ia merupakan Wali Kota Pekanbaru 2 periode yakni 2001-2006 dan 2006-2011. Ia pun pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru.

Selama kepemimpinannya, Herman Abdullah sudah banyak melakukan pembenahan di Pekanbaru. Antara lain di bidang kebersihan dan tata kota, dimana pada masa pemerintahannya, Pekanbaru berhasil meraih Piala Adipura sebanyak tujuh kali berturut-turut yaitu pada tahun 2004 hingga tahun 2011.

Untuk Tahun 2011, Pekanbaru mendapatkan Adipura Kencana untuk kategori kota besar atas keberhasilan menjaga keberhasilan kota Pekanbaru sebagai kota terbersih selama tujuh tahun berturut-turut.***