JAKARTA -- Waspadalah bila rumah Anda tidak ditempati. Sebab, ada pencuri yang berpura-pura mendapat pesanan pembongkaran rumah sebagai modus mencuri perabot, keramik, ubin dan kusen.

Seperti yang terjadi pada sebuah rumah mewah yang tidak ditempati pemiliknya, di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (19/3/2021) lalu.

Dikutip dari detikcom, polisi memastikan bahwa rumah mewah di Kebon Jeruk, Jakbar, yang dibongkar dan isi perabotannya dicuri adalah modus pencurian di rumah kosong. Polisi menyebut pelaku datang ke lokasi sebagai kuli bangunan yang menerima pesanan pembongkaran.

''Ini pencurian di rumah kosong. Modusnya mengaku mendapat order bongkaran rumah kosong (tukang bongkar bangunan),'' ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Ady menjelaskan, pelaku datang ke rumah korban dengan mengaku menerima order dari pemilik rumah untuk membongkar rumah tersebut. Namun belakangan diketahui bahwa pemilik tidak pernah meminta untuk membongkar rumahnya itu.

''Jadi ini modus pencurian rumsong (rumah kosong) dengan cara terima bongkaran rumah. Jadi orang-orang di sekitar rumahnya nggak anu, karena itu rumah kosong,'' jelasnya.

Belakangan, sekuriti mengonfirmasi perihal pembongkaran rumah tersebut kepada pemilik rumah. Setelah mengetahui tidak ada perintah pemilik pengerjaan bongkaran itu, akhirnya sekuriti melapor ke Polsek Kebon Jeruk.

Ady mengatakan, pihaknya telah mengecek ke lokasi kejadian di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Selama ini rumah tersebut tidak ditempati oleh pemiliknya.

Lima Orang Ditangkap

Kombes Ady Wibowo mengungkapkan, polisi sudah menangkap lima orang terkait kasus tersebut.

''Saat ini sudah lima orang pekerja yang kita amankan,'' kata Ady Wibowo.

Polisi juga mengamankan satu unit truk yang diduga digunakan untuk kejahatan itu. Saat ini polisi masih mendalami peran kelima orang tersebut.

''Sementara masih kami dalami peran dan keterlibatannya, karena ada yang bilang berkaitan dengan utang,'' imbuh Ady.

Ady mengatakan, para pelaku tidak hanya mengambil perabotan di rumah mewah itu. Para pelaku juga membongkar kusen, keramik, ubin, hingga sanitary.

''Jadi kusen, ubin, keramik, sanitary dibongkar,'' kata Ady.

Dalam video yang viral, terlihat rumah mewah tersebut dalam kondisi kosong melompong. Seluruh furniture di rumah tersebut sudah raib.

Bahkan lantai keramik juga dibongkar. Beberapa bagian tembok rumah tampak rusak.

Sebagian pintu, kusen dan jendela sudah tidak ada. Rumah itu benar-benar kosong melompong.***