JAKARTA -- Sebagian pria dan wanita berusia di atas 40 tahun sering terbangun dari tidurnya di malam hari karena ingin buang air kecil.

Bila Anda termasuk yang terganggu kenyenyakan tidurnya karena ingin buang air kecil tersebut, cobalah meminum air putih dicampur sedikit garam sebelum tidur.

Dikutip dari Republika.co.id yang melansir Health Digest, Rabu (5/1/2022), sebuah penelitian mengungkapkan, minum air putih dicampur dengan sedikit garam bisa menjadi penawar bagi tubuh untuk tidak mudah terbangun dan buang air kecil di malam hari. 

Menurut seorang perawat asal Amerika, Jonathan Steele, menjaga keseimbangan air dan elektrolit internal dalam sistem tubuh dapat membuat Anda tidak perlu ‘membilas’ atau buang air kecil berlebih sebelum alarm membangunkan Anda. Ia mengatakan bahwa garam yang tidak diproses membantu air masuk ke semua sel.

Mengganti secangkir teh atau segelas susu hangat di malam hari dengan air yang ditambahkan sedikit garam dapat membuat Anda tidak perlu mudah terbangun untuk menggunakan toilet.

Namun, apa yang perlu diperhatikan adalah adanya temuan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang dewasa mengonsumsi lebih banyak natrium, zat yang ada dalam garam daripada asupan harian yang direkomendasikan.

Jadi, jika akan menambahkan garam ke dalam air, meskipun hanya sejumput, pastikan konsumsi natrium pada tingkat yang sehat terlebih dahulu. Bagaimanapun, menyeimbangkan tingkat natrium yang tepat secara internal dapat menjadi hal yang membuat Anda tidak terbangun di di malam hari, menjadikan kualitas tidur lebih baik.***