SELATPANJANG - Akibat terkendala anggaran dan minimnya biaya, Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Kepulauan Meranti hanya memberangkat 10 atlet dan 2 pendamping untuk mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) VI SOIna Provinsi Riau yang akan diselenggarakan pada Kamis-Minggu (7-10 Oktober) 2021.

Sebelumnya, SOIna Kepulauan Meranti telah menyiapkan sebanyak 15 atlet dan 5 pendamping untuk diberangkatkan ke ajang tingkat Provinsi Riau itu. Namun, dikarenakan kondisi keuangan yang tidak mendukung, pengurus SOIna di kabupaten bungsu di Riau itu terpaksa mengurai jumlah atlet yang berangkat. Adapun atlet yang akan ikutkan yakni dari cabang Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Bocce dan lainnya

Sebagaimana diakui oleh Ketua SOIna Kepulauan Meranti, Syafrizal bahwa para atlet sudah siap untuk diberangkatkan hanya saja masih terkendala biaya keberangkatan karena di tahun ini (2021) SOIna Kepulauan Meranti tidak punya anggaran dari pemerintah daerah setempat.

"Tahun ini (2021) memang tidak ada anggaran kita, jadi untuk keberangkatan atlet kita hari ini dibantu pak wakil bupati (AKBP (Purn) H Asmar) sebesar Rp1 juta dan atlet diantar sampai ke Buton (speedboat pemda)," tuturnya.

Syafrizal juga mengucapkan terimakasih kepada Wabup Asmar yang telah membantu meringankan biaya keberangkatan atlet SOINa Kepulauan Meranti.

"Alhamdulillah, meski dengan keterbatasan biaya, namun atlet kita tetap bisa diberangkatkan berkat dorongan dan bantuan dari pak Wabup Asmar," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Syafrizal juga berpesan kepada para atlet untuk menjaga protokol kesehatan Covid-19 dan mengikuti pertandingan dengan sungguh-sungguh agar bisa mengharumkan nama kabupaten termuda di Riau.

"Atlet tetap kita ingatkan untuk menjaga prokes, mudah-mudahan mereka (atlet) tetap semangat untuk mengikuti Porda ini dan pulang membawa kemenangan," harap Kepala SLB Sekar Meranti itu.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar mengatakan kalau pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti mendukung penuh terhadap Atlet SOIna yang akan bertarung di Porda Pekanbaru.

"Kami dari pemerintah sendiri tentunya akan mendukung, karena para atlet merupakan anak-anak dari Meranti dan ini harus disuport dengan baik. Apabila support terhadap anak-anak bagus dari pemerintah tentunya mereka akan semakin yakin dan semangat untuk bertarung dan ingin mengharumkan nama Meranti," kata Wabup Asmar, saat menerima kunjungan silaturahmi dari Ketua SOIna Kepulauan Meranti, Syafrizal didampingi Humas SOIna, Dana Hasmara alias Aldo di rumah dinasnya.

Untuk diketahui, Atlet SOIna Kepulauan Meranti telah mengukir sejarah untuk kedua kalinya meraih juara dunia di ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG).

Tahun 2011 silam, Alex Wiranata, atlet SoIna Kepulauan Meranti berhasil memperoleh 2 Medali Emas dan 1 Perak di ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG)  XIII di Athena Yunani. Dalam ajang tersebut, dia berhasil menundukkan lawan berat dari Pakistan dan Rusia, pada cabang Bulu Tangkis.

Prestasi yang sama juga diraih atlet SOIna Kepulauan Meranti lainnya. Jennika atlet cabang olahraga Bulu Tangkis berhasil menyabet mendali emas Special Olympic World Summer Games (SOWSG) 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Anak bungsu dari tiga bersaudara itu berhasil menumbangkan lawan-lawannya dari negara di belahan dunia.

Jennika yang membela Timnas Indonesia itu berhasil masuk ke divisi satu setelah menundukkan lawannya dari negara Suriah dan Hongkong.

Pada laga semifinal, Jennika berhasil menundukkan atlet dari Nigeria. Sedangkan pada partai final yang digelar Senin (18/3/2019) waktu setempat, anak pasangan Alex dan Melina itu menundukkan atlet dari negara Elang Putih, Polandia dengan skor 21-13 dan 21-14. Atas prestasinya itu, Jennika menyumbang emas kelima bagi Indonesia.***