JAKARTA - Indonesia Patriots tidak mulus mengawali Indonesia Basketball League (IBL) 2022. Pada laga perdana di Hall Basket Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (16/1/2022), Tim Garuda Muda harus mengakui keunggulan Bali United dengan skor 55-62.

"Kita tidak mentingin hasil ya karena yang penting adalah progres. Jadi kita jalani gim satu per satu," ujar Kapten Indonesia Patriots, Ali Bagir Al Hadad.

Meski kalah, Indonesia Patriots telah menunjukkan perlawanan sengit kepada lawan. Bahkan, perbedaan usia tidak terlihat di laga tersebut. Indonesia Patriots yang diisi pemain paling senior 22 tahun itu pelan tapi pasti bisa mengimbangi permainan Bali United.

Buktinya, Indonesia Patriots menggebrak di awal pertandingan. Mereka bahkan sempat memimpin 4-0 awal kuarter pertama. Bali United merespons ketertinggalan dengan meningkatkan intensitas tekanan. Hasilnya, kejar mengejar angka pun terjadi dan di akhir kuarter pertama ini menjadi milik Bali United dengan kedudukan 13-10.

Memasuki kuarter kedua, Indonesia Patriots sempat keteteran imbang permainan Bali United. Namun setelah dilakukan perubahan, permainan Indonesia Patriots mulai stabil. Hingga akhirnya kuarter ini ditutup dengan kedudukan 26-31.

Setelah turun minum, Indonesia Patriots mampu mencetak lebih banyak poin lagi. Mereka mengemas 17 angka di kuarter ketiga sementara Bali United mampu produksi 16 poin. Di kuarter akhir, Indonesia Patriots harus mengakui senioritas lawan setelah di kuarter akhir hanya mampu menambah 12 angka dan Bali United mencetak 15 angka. Pertandingan ini pun harus diakhiri dengan kedudukan 55-62 untuk kemenangan Bali United.

"Dengan waktu persiapan yang hanya enam minggu saya merasa permainan Indonesia Patriots sangat baik. Kerja sama pemain-pemain muda juga bagus. Ini baru pertandingan pertama dan melihat lawan selanjutnya, saya yakin bisa membawa tim ini jauh lebih baik lagi," tukas Pelatih Indonesia Pariots Milos Pejic.

Dalam pertandingan ini, Mario Davidson keluar sebagai penyumbang poin terbanyak untuk Indonesia Patriots dengan 12 poin dan satu assist. Sumbangan poin yang sama juga dilakukan Serigne Modou Kane dengan catatan 12 poin dan tujuh rebound.

Sedangkan dari kubu Bali United, Kendal Yance menjadi penyumbang poin terbanyak dengan 15 angka, 8 rebound, dan 4 assist.

Pelatih Bali United Aleksandar Stefanovski senang dengan hasil positif di laga perdana. Baginya, hasil tidak akan mengingkari proses. "Tim ini sudah di siapkan jauh-jauh hari. Saya memberikan instruksi bertahan dan menyerang dengan baik. Lalu, melawan pemain muda juga membuat Bali United semakin percaya diri sehingga bisa membaca peta kekuatan Indonesia Patriots," ujar Stefanovski. ***