CHISINAU – Menteri Lingkungan Hidup Moldova Iuliana Cantaragiu mengundurkan diri. Cantaragiu memutuskan mundur pada Kamis (8/9/2022) atau sehari setelah Perdana Menteri Moldova Natalia Gavrilita mengkritiknya.

Gavrilita mengkritik Cantaragiu karena tidak memenuhi tenggat waktu peluncuran situs web untuk membantu warga membeli kayu bakar buat pemanas di musim dingin.

Dalam pernyataan di Facebook, Cantaragiu memuji catatan reformasinya di Kementerian Lingkungan Hidup dan berterima kasih kepada orang-orang yang bekerja dengannya atas layanan mereka. Perdana Menteri Moldova Natalia Gavrilita menerima pengunduran dirinya.

Perdana menteri mengkritik Cantaragiu selama rapat pemerintah atas kegagalannya meluncurkan layanan untuk membantu warga Moldova membeli kayu bakar untuk musim dingin. Portal web lemne.md dan hotline telepon seharusnya diluncurkan pada 1 September.

Cantaragiu menyalahkan ''mitra'' tak dikenal yang terlibat dalam pengembangan situs web atas keterlambatan tersebut dan mengatakan akan siap dalam dua pekan.

Perdana Menteri mengamati bahwa pada saat itu layanan sudah tidak diperlukan. ''Hal-hal harus dilakukan tepat waktu agar informasinya bermanfaat. Seorang relawan bisa membuat website dalam sehari,'' papar Gavrilita, seperti dilansir media setempat, dikutip dari Sindonews.com.

Saat ditanya tentang masalah itu selama konferensi pers pada hari yang sama, dia berspekulasi pengunduran dirinya segera dilakukan.

Dia mengatakan bahwa, ''Jatuh di belakang tenggat waktu adalah benar-benar normal karena ada hal-hal di luar kendali kami.''

Pada awal Agustus, badan kehutanan nasional Moldsilva memperingatkan Moldova dapat menghadapi kekurangan kayu bakar karena meningkatnya permintaan di tengah krisis energi global.

Kementerian Lingkungan Hidup mengatakan portal itu akan membantu mencegah harga meroket.

Proposal tersebut membuat pemerintah mendapat ejekan dari warga, yang bertanya-tanya apakah membuat situs web, yang namanya berarti ''kayu bakar'' dalam bahasa Moldova, adalah penggunaan dana publik yang terbaik.***