JAKARTA – Momen para penonton terinjak-injak dan meregang nyawa di pintu 13 Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Sabtu malam (1/10/2022), terlihat jelas pada rekaman CCTV.

Dikutip dari detik.com, anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan, Nugroho Setiawan, mengaku sempat melihat rekaman CCTV yang menampakan kejadian sangat mengerikan di pintu 13 tersebut.

''Sempat melihat rekaman CCTV, kejadian khususnya di pintu 13. Mengerikan sekali," kata Nugroho Setiawan, seperti dikutip dari akun YouTube Kemenko Polhukam, Ahad (9/10/2022).

Dituturkan Nugroho, saat tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang terjadi, pintu 13 itu terbuka, tapi sangat kecil. Saat itu, kata dia, penonton laga Arema FC vs Persebaya berebut keluar dari pintu tersebut.

Sambung Nugroho, dalam situasi itu, sebagian penonton yang mencoba keluar, ada yang sudah jatuh pingsan. Akibatnya, mereka pun terinjak-injak hingga tewas.

''Situasinya adalah orang itu berebut keluar, sementara sebagian sudah jatuh pingsan, terhimpit, terinjak, karena efek dari gas air mata. Jadi ya miris sekali. Saya melihat detik-detik beberapa penonton yang tertumpuk dan meregang nyawa terekam sekali di CCTV,'' tutur Nugroho.

Kondisi Korban

Nugroho mengatakan efek dari zat yang terkandung dalam gas air mata yang ditembakkan polisi, menyebabkan luka para korban memerlukan waktu paling cepat satu bulan untuk sembuh.

"Tim juga menghubungi korban, melihat korban, bahkan sempat menyaksikan perubahan fenomena trauma lukanya dari menghitam, kemudian memerah dan menurut dokter itu recovery-nya paling cepat adalah satu bulan. Jadi efek dari zat yang terkandung di gas air mata itu sangat luar biasa. Ini juga patut dipertimbangkan untuk crowd control di masa depan," kata Nugroho.

Dikatakan Nugroho, TGIPF juga telah berbicara dengan tim steward dan Komando Distrik Militer (Kodim) TNI di Malang. Melalui pertemuan itu dan juga rekaman CCTV, TGIPF Tragedi Kanjuruhan menemukan fakta bahwa evakuasi yang dilakukan tim steward dan TNI baru selesai pukul 03.00 WIB.

''Kemudian juga tadi bicara dengan beberapa pihak termasuk tim steward yang sudah bertugas kemarin dan juga melakukan penyelamatan pada akhirnya, termasuk unsur TNI dalam hal ini Kodim. Tadi juga diterima Kasdim dan beliau menjelaskan beserta pasukan yang di-BKO-kan saat itu, apa yang mereka lakukan, termasuk yang kami dapati di CCTV maupun fakta-fakta bahwa evakuasi korban itu dilakukan oleh tim steward dan TNI dalam hal ini sampai dengan pukul 03.00 pagi,'' papar dia.***