SELATPANJANG, GORIAU.COM - Sebanyak empat orang qari dan qariah asal Kepulauan Meranti ditunjuk mewakili Provinsi Riau di Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Nasional di Jakarta. Qari qariah terbaik itu dipilih setelah memenangi MTQ Riau di Tembilang beberapa waktu lalu.


"Qori dan qoriah kita yang dipilih tersebut merupakan pemenang pada MTQ lalu," kata Ketua Umum Lembaga Pelatihan Tilawatil Quran (LPTQ) Kepulauan Meranti, Ishak Izrai, Rabu (12/8/2015).
Adapun qori dan qoriah tersebut yakni, Ulfa Mayasari di kategori Hifzil 20 Juz, Afiq Ikmal, Hafids 1 Juz, Azza Afkarina, Hafids 1 juz dan Fauzan Indra Mardiya, tilawah anak-anak.
"Kita berharap anak-anak kita ini berhasil memenangkan seleksi tersebut. Memang atas nama Riau, tapi kita sebagai kabupaten yang ditunjuk juga akan bangga," ucapnya.
Sementara itu, untuk menyiapkan diri mengikuti MTQ Provinsi Riau di Kabupaten Siak, Oktober mendatang, LPTQ mulai melakukan training center (TC). Pelatihan yang dilaksanakan di Masjid Agung Jalan Siak Selatpanjang itu, diikuti 44 qori dan qoriah utusan masing-masing kecamatan di Meranti.
"Kita turunkan 8 pelatih dari provinsi dan 18 orang pelatih lokal. TC ini selama dua minggu dan dengan harapan MTQ nanti Meranti akan lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Ishak yang juga Ketua NU Meranti itu.
Ada beberapa kategori pelatihan yang diberikan kepada 44 qori dan qoriah Meranti itu, yakni cabang tartil, tilawah anak-anak, tilawah remaja dan dewasa, qiraat, hifzil 1 juz hingga 30 juz, dan M2IQ. Serta cabang khat dekorasi, khat hiasan mushaf, khat naskah, khat kontemporer, syarhil, fahmil, cacat netra, tafsir bahasa inggris, tafsir bahasa indonesia, dan tafsir arab.(zal)