PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Yayasan Tanoto Foundation kembali memberikan beasiswa kepada para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, sejak 2010 lalu. Tahun ini, jumlah penerima beasiswa S1 dan S2 meningkat dibanding tahun lalu.

Menurut Ketua Yayasan Tanoto Foundation, Sihol Aritonang, di tahun sebelumnya penerima beasiswa Sayap Garuda S1 dan S2 hanya sebanyak 16 universitas.

"Tapi tahun ini meningkat menjadi 23 universitas, dengan jumlah penerima beasiswa Sayap Garuda sebanyak 265 mahasiswa dan mahasiswi," terang Sihol disela kegiatan scholars gathering yang dilaksanakan di lapangan Sport Center Kompleks PT RAPP, Rabu (12/8/2015) sore.

Sihol menjelaskan bahwa 265 mahasiswa-mahasiswi dari ke 23 universitas penerima beasiswa Sayap Garuda ini didatangkan untuk mengikuti kegiatan Scholars Gathering selama 5 hari.

"Untuk tahun ini, penerima beasiswa tingkat S1 sebanyak 200 orang dan untuk S2 sebanyak 30 orang," sebutnya.

Untuk peserta penerima beasiswa ini, sambungnya, melalui beberapa tahapan seleksi. Diantaranya prestasi nilai akademik yang menjadi acuan utama, adanya kendala ekonomi serta memiliki potensi kepemimpinan.

Prestasi akademik menjadi tolak ukur, lanjutanya, dikarenakan beasiswa ini bukan merupakan beasiswa ikatan dinas. Artinya, beasiswa ini diberikan oleh Yayasan Tanoto Foundation semata-mata hanya untuk mahasiswa berprestasi yang terkendala ekonomi dan memiliki bakat kepemimpinan.

"Jadi kita menginginkan para penerima beasiswa ini diharapkan bisa menjadi pemimpin. Karena itu, tema scholars gathering yakni Learn & Lead," tegasnya.

Disinggung soal tujuan dari kegiatan ini sendiri, Sihol menjelaskan bahwa tujuan dari scholar gathering ini diharapkan para mahasiswa penerima beasiswa Sayap Garuda ini mempunyai jejaring dari berbagai universitas, kemudian pihaknya juga memperkenalkan nilai-nilai Tanoto Foundation bahwa setiap orang harus punya tekad untuk tak pernah berhenti belajar.

"Dan dalam scholars gathering lima hari ini juga mereka akan mendapatkan soft skill seperti public speaking, outbond dan berbagai games lainnya," katanya.

Sementara, dalam pembukaan scholar gathering  hadir salah satu anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto, yang memberikan semangat serta motivasi bagi 265 mahasiswa-mahasiswi dari 23 universitas. Menurutnya, dengan tema Scholars Gathering yakni "Learn and Lead", mengisyaratkan bahwa seseorang harus terus mau belajar untuk menambah ilmu pengtahuannya.

"Artinya, spirit dan kegigihan itu harus terus ditumbuhkan dalam semangat para siswa," kata Anderson seraya mencontohkan orangtuanya yakni Sukanto Tanoto yang meski tak sekolah tapi terus mau belajar.

Dikatakannya, bahwa Tanoto Foundation didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Tanoto dalam upaya mereka mendukung penanggulangan kemiskinan melalui tiga pilar kegiatan yakni pendidikan, pemberdayaandan peningkatan kualitas hidup.

"Dan program beasiswa Sayap Garuda ini adalah usaha kami dalam meningkatkan akses pendidikan seluas-luasnya bagi para mahasiswa-mahasiswi berprestasi yang ada di Indonesia. Selama ini, secara keseluruhan Tanoto Foundation telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 5.400 mahasiswa serta bekerjasama dengan 28 perguruan tinggi di Indonesia," tutupnya.

Direktur PT RAPP Rudi Fajar beserta management, terlihat dalam pembukaan kegiatan scholars gathering yang dilaksanakan di lapangan Sport Center Kompleks PT RAPP.(***)