SIAK - Dinas Kesehatan Kabupaten Siak memastikan hingga saat ini di Siak belum ada masyarakat yang positif Covid-19. Namun wabah ini sangat mengkhawatirkan hingga masyarakat harus diedukasi.

Dalam kegiatan sosialisasi di ruang Rapat Kantor Bupati Siak, Senin (17/2/2020), masyarakat diedukasi mengenai virus tersebut dan cara Pencegahannya.

Kadis Kesehatan Tonny Chandra mengatakan perlu adanya pencegahan yang serius. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait pencegahan dan penanganan jika ada yang terjangkit virus tersebut.

"Kami memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat dengan selalu menekankan pentingnya mencuci tangan saat atau setelah bepergian dan juga ketika akan makan," jelas Tonny.

Dirinya menghimbau masyarakat agar tidak cemas akan penyebaran virus corona di Indonesia, khususnya Kabupaten Siak. Masyarakat pun diharapkan sepenuhnya mempercayakan pencegahan dan penanganan penyebaran virus ini kepada petugas kesehatan.

Selain itu ia, menginstruksikan kepada petugas kesehatan lebih sering melakukan kontak dengan pasien dengan berbagai jenis penyakit menular, sehingga cukup rentan tertular berbagai jenis penyakit.

"Oleh karena itu, petugas kesehatan secara konsisten harus selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) saat merawat pasien," ujarnya. (adv)