PEKANBARU, GORIAU.COM - Kemarau telah berganti hujan. Berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau sejak satu pekan terakhir mulai 'dibasahi' dengan hujan berintensitas sedang. Peristiwa alam ini dimungkinkan mendatangkan bencana banjir, khusus untuk daerah aliran sungai.

"Hal itu seiring dengan sebagian besar wilayah ini sudah memasuki musim hujan," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Warih Budi Lestari di Pekanbaru, Sabtu (14/9/2013).

Menurut dia, rendahnya tingkat kebakaran hutan untuk wilayah Riau itu juga disebabkan potensi hujan hari ini hingga beberapa hari ke depan cukup merata.

Warih mengatakan menurut hasil monitoring citra satellite awan, analisa streamline dan kondisi fisis serta dinamis atmosfer, cuaca di wilayah Provinsi Riau umumnya cerah hingga berawan.

Hujan dengan intensitas ringan, kata dia, diprakirakan terjadi pada malam atau dini hari di wilayah Riau bagian utara serta sebagian selatan. Potensi hujan cukup lebat atau berintensitas sedang berpeluang terjadi di beberapa wilayah kabupaten dan kota.

Untuk Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir dan Siak, menurut dia berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga berpotensi menyebabkan banjir khususnya untuk daerah aliran sungai (DAS).(fzr)