DURI - Kawah atau danau biru di Duri yang terletak 300 meter menjorok ke dalam dari Jalan Lintas Duri-Dumai, daerah Kulim, sebelum SPBU KM 19 dari arah Duri sudah lama ada. Namun tidak banyak yang tahu akan lokasi tersebut, karena kurangnya promosi.

Danau biru ini tidak tahu siapa yang menamainya. Mungkin saja karena permukaan airnya terlihat biru dengan pasir putih dipinggiran kawah tersebut. Namun keberadaannya diketahui orang banyak melalui mulut ke mulut dari remaja atau pemuda yang sudah pernah mengunjunginya.

Sebagai klu atau ancar-ancar menuju lokasi danau biru, pengunjung akan melewati beberapa bedeng berupa rumah papan bekas tempat tinggal pekerja proyek yang kini dihuni oleh warga tidak tetap.

Ada juga pintu gerbang menuju lokasi, karena akan ada warga setempat yang menunggu untuk meminta uang karcis masuk dengan besaran yang tidak pernah di patokkan, hanya disesuaikan dengan kondisi dan situasi saat itu.

Menurut cerita masyarakat setempat, danau biru ini merupakan kolam proyek gagal pabrik kelapa sawit beberapa tahun silam. Namun proyeknya mangkrak dan tidak dilanjutkan lagi, tidak jelas juga apa penyebabnya.

Danaunya persegi empat dengan pasir putih yang landai di beberapa sisi. Di waktu libur atau akhir pekan banyak dikunjungi warga terutama anak muda. Sebaiknya berkunjung dengan berkelompok karena kolam ini jauh dari keramaian untuk mewaspadai tindak kejahatan yang bisa saja terjadi.

"Danau biru ini juga sudah pernah menelan korban jiwa. Makanya tidak disarankan sendiri atau berdua kesana. Kalau bisa minimal 4 atau 6 orang datang ke danau biru ini. Memang terlihat menarik, karena warna airnya biru dan bisa saja ini menjadi tempat wisata dadakan, hanya saja harus ada pengelola resminya yang akan bertanggung jawab untuk keamanan dan kenyamanan disana," ujar Yeni, mahasiswa di Duri ini kepada GoRiau.com (GoNews Grup), Minggu (18/12/2016).*** #BENGKALIS