SIAK - Selain pembangunan jalan dan drainase, sejumlah Lurah dan Penghulu juga menyampaikan beberapa item di bidang pendidikan yang menjadi usulan prioritas dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Siak, Jumat (21/2/2020).

Beberapa kelurahan dan kampung yang mengusulkan pembangunan dan pengadaan sarana di lingkungan sekolah iti dari Kampung Buantan Besar, Kampung Rawang Air Putih, Kelurahan Kampung Dalam, Kampung Tumang dan Kelurahan Kampung Rempak.

Di Kampung Buantan Besar, SMPN 3 Siak masih kekurangan sarana pendukung belajar siswa seperti, ruang labor komputer, WC, perpustakaan, aula, rumah dinas, pagar dan sumur bor. Sedangkan di SD Negeri 04 Kampung Dalam sangat membutuhkan pembangunan WC yang layak, mushala serta pagar sekolah.

Berbeda dengan di Kampung Rawang Air Putih, SDN 09 Kampung Rawang Air Putih ini Meubilernya masih banyak yang kurang. Sejumlah ruangan juga perlu direhab atapnya dan membangun WC baru serta pagar. Selain itu juga ada usulan pembangunan gedung SMP.

Menanggapi usulan dari Kecamatan Siak, Kepala Bappeda Siak, Wan Yunus mengatakan bahwa peningkatan sarana pendidikan menjadi prioritas dari Pemkab Siak tahun ini. Sehingga usulan yang masuk akan direalisasikan khususnya untuk pembangunan ruang belajar dan WC.

"Seperti yang disampaikan Bupati Siak, Alfedri beberapa waktu lalu, Pendidikan ini akan menjadi prioritas kita. Pembangunan ruang belajar, WC dan pengadaan meubiler. Ini bagian dari sarana penunjang belajar anak di sekolah," sebut Wan Yunus saat Musrenbang di gedung Tengku Mahratu.

Musrenbang itu dihadiri Camat Siak, Tengku Indraputra sejumlah kepala OPD di lingkup Pemkab Siak dan dibuka secara resmi oleh Asisten II Setdakab Siak, Hendrisan. Sayangnya, selama Musrenbang berlangsung tak satupun tampak hadir dari DPRD Kabupaten Siak. ***