PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Dumai, Bengkalis, Kepualauan Meranti, Yanti Komalasari, mengungkapkan, Kota Dumai saat ini masih kekurangan drainase dalam mengatur aliran air.

Akibatnya, kata Yanti, sejumlah kawasan di Dumai, seperti Bumi Ayu, Jaya Mukti, Ratu Sima, dan daerah-daerah lainnya kerap dilanda banjir ketika intensitas hujan tinggi.

"Aliran drainase tak lancar, dan pembangunan drainase memang sangat minim, makanya drainase ini banyak diminta oleh masyarakat saat saya reses," kata Politisi Golkar ini, Kamis (23/12/2021).

Diakui Yanti, dana yang tersedia di Pemko Dumai memang sangat terbatas, sehingga dia tidak bisa mengharapkan sepenuhnya kepada Pemko Dumai untuk membuat aliran air yang lebih lancar.

"Mungkin nanti saya bantu pembangunan drainase lewat Pokir saja di DPRD Riau. Dumai ini kan dana sangat terbatas, gimana mau membangun, makanya lewat kami-kami yang dari Dapil Dumai inilah diharapkan bisa membawa pembangunan," terangnya.

Lebih jauh, Yanti menyebut, banjir yang terjadi memang berasal dari air hutan dan kemudian berkumpul di dataran rendah. Dan ada pula daerah yang memang banjir akibat luapan air sungai.

"Tahun ini banjir semakin menjadi-jadi, waktu saya reses kemarin memang airnya sudah surut. Tapi masyarakat berharap pembangunan drainase supaya aliran air lebih terarah dan tidak menggenang ke rumah mereka," tutupnya. ***