SIAK - Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak berhasil meraih juara II pada ajang lomba cipta menu Beragam, Bergizi seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Riau tahun 2022.

Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Rasidah Alfefri menyampaikan rasa syukur karena ini adalah hasil dari kerja keras, pemikiran dan kerjasama dari TP PKK Kab Siak. 

GoRiau

"Kami telah menyiapkan semuanya, kurang lebih 1,5 bulan. Mulai dari pembuatan menu makanan hingga penamaan menunya sehingga membuahkan hasil menjadi juara dua," kata Rasidah usai acara, Selasa, 13 September 2022.

Ia menceritakan, ada enam menu makanan siang yang ditampilkan seperti, Istana Telang, Rujak Bintang, Talor Gabus Ceria, Dendeng Jantung Pisang, , Gulai Satu Memikat, Sup Pemancing Tekak, dan Nasi Gurih Ngaje. 

GoRiau

"Kami menampilkan makanan khas Sakai, seperti dendeng jantung pisang yang dicampur ikan gabus. Jadi ada protein hewani dan protein nabatinya," sebutnya.

Orang Sakai lanjut dia, sampai sekarang masih mengonsumsi makanan tersebut. Kemudian masyarakat juga diharapkan keanekaragaman pangan, artinya makan pokok tidak mesti dari beras.

Oleh karena itu istri Bupati Siak itu mengajak masyarakat untuk melestarikan produk pangan lokal non beras dari kecamatan masing-masing di Kabupaten Siak.

"Tahun ini kami mengutus kecamatan Minas mewakili Kabupaten Siak. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik lagi," harapnya. ***