BANGKINANG - Warga Desa Kuok Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau berhasil membudidayakan madu lebah asli. Madu ini juga sudah menghasilkan berbagai macam produk seperti sabun dan minyak rambut.

Pengusaha ini adalah Purnomo. Ia bahkan telah memiliki rumah madu wilbi yang berlokasi di Desa Kuok.

Bahkan Purnomo ini mendapatkan penghargaan dari Gubernur Riau Syamsuar berupa paramakarya atas kualitas dan produktifitasnya. Penghargaan ini diberikan saat gubernur mengunjungi rumah madu wilbi tersebut.

Kunjungan ini, Gubernur Riau didampingi oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto. Pada kesempatan ini, Purnomo mempraktekkan cara mengolah berbagai macam produk dari madu asli ini.

Bupati Kampar mengaku bangga usaha seperti ini bisa dikembangkan oleh pelaku usaha di Kabupaten Kampar, khususnya di Desa Kuok. Apalagi menurutnya madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

"Pelaku usaha haruslah kretif dan inovatif dalam melihat peluang dalam meningkatkan standar suatu usaha serta haruslah lincah dalam menghadapi pasar global. Jujur, saya bangga adanya pelaku usaha mengembangkan usaha seperti madu lebah yang banyak manfaatnya, apalagi sangat bermanfaat untuk kesehatan," kata Catur Sugeng disela-sela mencicipi madu lebah bersama Gubernur Riau, Selasa (7/1/2020).

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi usaha yang dirintis Purnomo. Ia berharap terus melakukan inovasi pengembangan.

"Teruslah melakukan inovasi yang kretif dan rubahlah mindseat ke jalur yang lebih baik. Jadikan Purnomo ini sebagai contoh. Sekarang bisa kita lihat, dia tinggal menikamati hasil dan tanpa kita sadari sudah bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar ini dapat dijadikan contoh dan model bagi masyarakat lainnya," ujarnya.

Sementara itu Purnomo berwacana bersama istri dan 8 orang karyawannya akan selalu menyediakan aneka produk lebah lokal yang lebih berkualitas. Ini agar diterima oleh semua pasar-pasar nasional maupun internasional.

Purnomo pun mengaku bahwa usaha madu lebah aslinya ini sudah banyak mendapatkan beberapa penghargaan. Bahkan ia mengaku pernah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat. ***