BADUNG - Timnas Pelajar U-15 Indonesia lolos ke babak final Bali International Football Championship (IFC) 2018 setelah mengalahkan tim asal China, Hubei FC dengan skor 3-1 dalam laga semifinal di Stadion Beji Mandala, Badung, Bali, Kamis (6/12/2018) malam.

Kedua tim bermain cukup hati-hati untuk tidak saling membuat kesalahan sejak kick off dimulai. Serangan balik yang diterapkan tim Hubei ternyata berjalan efektif setelah pemain Wang Lin Jie berhasil menyarangkan bola ke gawang Indonesia. Tertinggal 0-1 membuat Pelatih Firman Utina mencoba menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain tenang dengan memanfaatkan kesalahan lawan.

Hasilnya, kerja keras Syukran Arabia Samual dkk akhirnya membuahkan hasil setelah striker Ardi Ardian berhasil mencetak gol balasan pada menit ke 23. Skor 1-1 pun membuat kepercayaan diri pemain naik Ardi kembali mengukir namanya di papan skor pada menit 49 dan membawa keunggulan jadi 2-1. Skor pun tidak berubah hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, pemain Timnas Pelajar U-15 Indonesia semakin semangat untuk melancarkan serangan. Tendangan bebas Mohamad Afif Fathoni di menit 59 merobek gawang Hubel yang dikawal kiper Zhang Mingkai.

"Alhamdulillah kita bisa lolos ke babak final, secara permainan anak-anak sudah mulai menunjukkan permainan yang baik," kata Firman.

"Pada babak pertama saya akui anak-anak masih grogi, karena baru kali ini mereka main malam. Meski tadi sempat ketinggalan terlebih dahulu, namun saya meminta pemain untuk tenang dan tidak panik. Saya minta kepada pemain untuk terus menekan dan sambil mencari celah memanfaatkan kesalahan lawan," kata Firman.

Selanjutnya, Timnas Pelajar akan menghadapi pemenang antara Bara FC kontra Tim asal Malaysia Felda United FC yang baru akan bertanding Jumat (7/12/2018) besok.

"Menurut saya siapa pun tim yang main di semifinal pasti semuanya bagus. Saya sudah melihat langsung bagaimana permainan kedua tim, dan semuanya wajib untuk diwaspadai," tambah Firman. ***