PEKANBARU - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau, Zulfi Mursal menegaskan pihaknya sudah merekomendasikan pemberhentian Syahril Topan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Rohul.

Sebagai informasi, Syahril Topan nekat 'lompat pagar' dengan maju Pilkada Rokan Hulu mendampingi Hamulian Nasution. Sementara, PAN sudah menyatakan dukungan pada Pasangan Hafith-Erizal.

Dikatakan Zulfi, pihaknya sudah menggelar pleno dan hasilnya merekomendasikan pemberhentian Syahril Topan sebagai Ketua DPD PAN Rohul dan untuk sementara digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Adapun Plt yang ditunjuk adalah salah seorang pengurus tingkat DPW yang memiliki tanggungjawab wilayah Rokan Hulu, yakni Tengku Muhammad Thomaslan.

"Syahril Topan akan digantikan oleh Tengku Thomaslan, salah seorang pengurus DPW PAN Riau," kata Ketua Fraksi PAN DPRD Riau ini kepada GoRiau.com, Senin (31/8/2020).

Apabila rekomendasi ini sudah diterima DPP, lanjutnya, maka Syahril Topan tidak dibenarkan menggunakan atribut apapun yang berkaitan dengan partai berlambang matahari putih itu.

Plt ini nantinya akan mengemban beberapa tugas diantaranya mensolidkan jajaran pengurus dan kader PAN di Rohul, terutama untuk kepentingan pemenangan Pilkada Rohul.

"Kalau yang mengantar Hafith-Erizal, nanti akan ada perwakilan dari DPP turun ke Rohul. Plt ini hanya mensolidkan dan mengkoordinasikan pergerakan di Rohul," tegasnya.

Selain itu, PAN Rohul juga diminta untuk segera mengusulkan nama pengganti untuk jabatan Wakil Ketua DPRD Rohul menggantikan Syahril Topan. Nama ini nantinya akan dikirim ke DPW PAN Riau, dan DPW meneruskan ke DPP PAN.

Terkait klaim Topan yang mengaku memberikan prestasi bagi PAN di Rohul dengan menaikkan jumlah perolehan kursi dari 4 menjadi 6, Zulfi menanggapi santai.

"Perolehan suaranya tidak terlalu besar. Artinya memang calon Legislatif dari PAN itu bergerak luar biasa. Kebetulan dia Ketuanya," tutupnya.***