BENGKALIS, GORIAU - Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Bengkalis yang dipusatkan di lapangan Tugu berlangsung meriah. Berbagai kegiatan digelar oleh panitia yang melibatkan lintas instansi, Selasa (18/6/2013).

Tidak kurang dari 600 siswa mulai dari tingkat TK, SD dan SMA ikut memeriahkan kegiatan ini. Berbagai atraksi anak-anak ditampilkan di hadapan Bupati dan undangan yang hadir. Seperti atraksi permainan tradisional oleh anak-anak SD, penampilan drama qorun dan lainnya.

Kemudian panitia juga menggelar lomba mewarnai tingkat TK, lomba makan serba ikan, penyerahan bingkisan serba ikan. Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan beasiswa kepada anak-anak berprestasi dan penyerahan perlengkapan sekolah oleh Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh dan Wabup H Suayatno.

Bupati dalam pengarahannya menekankan bahwa peringatan hari anak ini menjadi momentum untuk senantiasa memberikan perhatian yang lebih besar dan perlindungan kepada anak, agar tumbuh dan berkembang dengan sebaik-baiknya.

''Melalui peringatan hari anak nasional ini diharapkan dapat menumbuhkan identitas bangsa dalam rangka mempererat rasa persatuan dan kesatuan diantara anak-anak. selain itu peringatan ini merupakan salah satu bukti nyata betapa pentingnya kedudukan seorang anak sebagai calon generasi penerus bangsa,'' ujar Bupati.

Peringatan hari anak nasional bertujuan agar seluruh lapisan masyarakat lebih peduli dengan kepentingan anak. mengingat anak merupakan potensi yang sangat penting sebagai generasi penerus masa depan bangsa, penentu kualitas sumber daya manusia indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional.

''Pada hakekatnya hari anak nasional merupakan momentum untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh bangsa indonesia untuk menghormati, menghargai dan menjamin hak–hak anak tanpa deskriminatif, memberikan yang terbaik untuk anak, menjamin semaksimal mungkin kelangsungan hidup dan tumbuh kembangnya,'' ujarnya.

Ditegaskan Bupati, perhatian terhadap anak merupakan tanggung jawab bersama, mulai dari keluarga, pemerintah dan segenap elemen masyarakat. Pada kesempatan itu ia mengajak untuk mewujudkan gerakan sayang anak dalam upaya mewujudkan generasi penerus kabupaten bengkalis yang cerdas, andal dan mandiri.

''Cita-cita ini baru akan terwujud bila kita lakukan secara bersama-sama dengan penuh semangat dan ketulusan hati. Anak merupakan potensi yang sangat penting sebagai generasi penerus masa depan bangsa, penentu kualitas sumber daya manusia Indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional. sumber daya manusia yang berkualitas tidak dapat lahir secara alamiah begitu saja. bila anak dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa perlindungan, maka mereka akan menjadi beban pembangunan karena akan menjadi generasi yang tidak produktif dan tidak kreatif,'' ujar Bupati.

Acara puncak peringatan Hari Anak Nasional dihadiri Forkopimda, pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Bengkalis serta sejumlah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan dan anak. (jfk)