PEKANBARU – Gubernur Riau, Syamsuar melepas kontingen Riau untuk Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas). Total ada 60 orang kontingen yang terdiri dari 50 atlet dan 10 orang pelatih yang akan berlaga di kejuaraan olahraga wartawan terbesar yang akan digelar di Malang, Jawa Timur.

Syamsuar optimis, kontingen Riau bisa meraih hasil memuaskan di Porwanas Malang 2022 ini. Dia juga berharap target 10 medali emas yang disebutkan Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, bisa tercapai.

"Kami yakin dan percaya bahwa semua kontingen riau, terutama porwanas ,telah mempersiapkan diri. Kami yakin semua ketua kontingen termasuk para pelatih telah mempersiapkan diri. Apalagi ketua PWI tadi menargetkan 10 emas, kalau sudah ditargetkan pasti ada prestasi-prestasi yang telah diraih sebelumnya," ungkapnya, Sabtu (19/11/2022).

"Diharapkan nanti saat iven yang diadakan secara nasional ini bisa mendapatkan banyak prestasi dan sesuai dengan target," ujarnya.

Bupati Siak dua periode itu juga mengucapkan selamat jalan kepada para atlet yang akan berangkat ke Malang untuk mengikuti Porwanas 2022. Di ketahui para atlet akan berangkat menuju Malang pada Minggu (20/11/2022) besok.

"Kami tentunya mengucapkan selamat jalan kepada rekan-rekan semua agar selamat dalam perjalanan dan senantiasa sehat selalu dan mudah-mudahan bisa membawa nama baik untuk Riau dengan prestasi yang gemilang," ucapnya.

Syamsuar juga berpesan kepada semua kontingen Porwanas PWI Riau tidak terlalu euforia dengan suasana yang masih berduka di Malang.

"Dengan situasi yang masih berduka bagi masyarakat di malang, saya berpesan agar semua kontingen tidak terlalu euforia dan landai-pandailah menjaga perasaan masyarakat di sana," pesan Gubri.

Syamsuar juga mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau mendukung penuh seluruh kontingen Porwanas 2022. Pihaknya juga memberikan dukungan berupa dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Support pemerintah jelas, kontingen ini biayai oleh pemerintah dari APBD. Jadi harapan kami dengan apa yang telah kami berikan, tentunya bisa menghasilkan prestasi yang memuaskan," ujarnya.

Targetkan 10 Emas

Sementara itu, Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang mengatakan, ada 130 atlet beserta pelatih dan official yang berangkat dan siap bertanding untuk merebut medali emas hingga mencapai prestasi juara umum pada Porwanas di Malang, Jawa Timur.

Dari total yang berangkat, 60 orang diantaranya dibantu oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

"Terimakasih kita sampaikan kepada pemprov riau yang telah membantu kita dalam mengikuti porwanas di jawa timur. Karena kita sudah dibantu 50 atlet dan 10 pelatih untuk berangkat porwanas," ujar Zulmansyah.

Sementara 70 orang lainnya kata Zulmansyah, diberangkatkan dengan bantuan mitra PWI Riau.

Ia menyebut, PWI Riau menargetkan 10 medali emas pada Porwanas tahun ini. Menurutnya, ada beberapa cabor yang diharapkan dapat meraih medali emas.

"Mereka yang kita kirim ini, adalah atlet pilihan. Salah satunya cabang olahraga bola kaki, bulutangkis, tenis meja, futsal, e-sport. Karena itu, kami bertekad untuk mengharumkan nama provinsi riau di kancah nasional," ungkapnya. (adv)