PEKANBARU, GORIAU.COM - Ada sedikit yang berbeda dari pemandangan di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (8/10/2015) siang ini. Biasanya matahari tidak terlihat, saat ini masyarakat Kota Bertuah tengah menikmati asap tipis dan langit cerah berawan.


Ya, hujan yang mengguyur Kota Pekanbaru, Rabu (7/10/2015) dini hari kemarin cukup membuat asap menipis. Hal berbeda lainnya, biasanya jalanan di Kota Pekanbaru sepi, namun pagi hingga siang terlihat cukup ramai.


"Biasanya matahari tertutup kabut asap, jangankan matahari, awan cerah haji bisa dibilang jarang terlihat," kata Andre, salah satu warga Pekanbaru, Kamis (8/10/2015) siang.


Dikatakan Andre, setiap ada isu kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kota Pekanbaru dan beberapa daerah lainnya diguyur hujan dan kabut asap menipis. "Atau jangan-jangan karena Pak Jokowi mau datang," celetuk Andre sambil ketawa.


Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Kamis (8/10/2015) pagi, Provinsi Riau nihil 'hotspot' dan titik api.


Sementara 202 titik panas yang terdeteksi di Sumatera tersebar di 3 provinsi. Sumatera Selatan masih memegang rekor dengan produksi 198 titik, menyusul Bangka Belitung 3 titik dan Lampung 1 titik.***