JAKARTA - Bagi Anda yang biasa menggunakan layanan jasa transportasi kereta api eksekutif sebaiknya lebih waspada. Belum lama ini sebuah video yang menampilkan modus pencurian baru di gerbong kereta api beredar di media sosial.

Dalam video yang diunggah pemilik akun Twitter @hedwigus pada Kamis 26 Oktober 2017 kemarin memperlihatkan dua pria mencurigakan sedang merencanakan aksi kejahatan di dalam gerbong di saat mayoritas penumpang sedang tertidur lelap.

Kedua maling itu sempat terlibat perbincangan kecil sebelum akhirnya beraksi menyasar tas salah seorang penumpang di kursi depannya. Nampak dalam video pria yang duduk di bagian luar sedang menggelar selimut yang menjadi bagian dari modus operandinya.

Sedangkan pria satunya lagi yang ada di sebelahnya perlahan menyusup ke kursi di depannya dengan cara merangkak. Pria itu lalu dengan santainya mengembat tas penumpang tersebut.

Ads
Tas korban lalu dibawa ke kursi tempat duduknya. Ia lalu memeriksa dengan teliti isi tas itu, barangkali ada barang berharga yang bisa diambil.

Setelah beraksi, pria itu kemudian mengembalikan tas korban ke posisi semula, seolah tidak terjadi apa-apa. Setelah itu, pria berselimut tadi langsung membetulkan posisi selimutnya dengan membalut tubuhnya.

Menyusul beredarnya video tersebut, pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) langsung angkat bicara. PT KAI melalui akun Twitter resminya memberi klarifikasi atas peristiwa yang terekam kamera CCTV tersebut.

"Selamat pagi, kendala ini masih dalam penelusuran oleh pihak internal kami. Trims," tulis pihak PT KAI di akun Twitter resminya @KAI121pada Jumat (27/10/2017). ***