BANDAR LAKSAMANA - Pengurus OSIS SMA Cendana Duri bersama 180 siswa-siswi kelas XII disambut antusias oleh masyarakat serta aparat Pemerintahan Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Riau. Kedatangan mereka ke Kecamatan pemekaran Bukit Batu itu untuk melakukan Bakti Sosial (Baksos) dan riset.

Rombongan ini bertolak dari Duri menuju Kecamatan Bandar Laksamana menggunakan 8 bus, Sabtu (16/11/2019) sekitar pukul 07.00 WIB. Setiba di lokasi acara, para siswa langsung menurunkan bantuan yang akan diberikan untuk masyarakat.

Bantuan tersebut berupa, 200 paket sembako, peralatan olahraga, Al quran, uang tunai untuk bantuan kesehatan, pakaian layak pakai serta paket makanan yang akan diberikan kepada adik-adik PAUD dan TK di Kecamatan Bandar Laksamana.

Ketua Panitia Penyelenggaraan Baksos, Zaki Rabani mengatakan Baksos tahun ini dapat terealisasi sesuai rencana berkat kerja keras seluruh panitia dan dukungan dari guru-guru di sekolah. Selama 3 bulan, panitia mengumpulkan dana dari sumbangan masyarakat.

"Alhamdulillah terkumpul sekitar Rp 64 jutaan. Terimakasih juga kepada masyarakat Duri yang sudah ikut berpartisipasi membantu memberikan sumbangan untuk kegiatan Baksos kali ini," kata Zaki saat ditanya GoRiau.com mengenai sumber dana kegiatan Baksosnya, Sabtu (16/11/2019).

Menurut siswa kelas XI ini, kegiatan bakti sosial adalah salah satu pembelajaran yang sangat bermanfaat. "Dapat menanamkan karakter positif bagi diri kita dan akan menumbuhkan rasa kepekaan dan kepedulian serta akan membentuk kepribadian yang baik kami sebagai generasi penerus," kata Zaki.

Direktur Yayasan Pendidikan Cendana Duri, Dr Deni Satria MPd yang juga turut hadir dalam kegiatan itu mengaku bangga dengan kreatifitas peserta didik SMA Cendana Duri ini. Tanpa bantuan dana dari pihak yayasan dan sekolah, mampu memberikan bantuan untuk masyarakat yang sangat membutuhkan.

"Selain pendidikan formal, keluarga besar Cendana Duri juga mengajarkan anak didiknya untuk peduli terhadap orang lain. Kegiatan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat ini setiap tahun dilaksanakan oleh siswa kelas XII. Yang mana dalam kegiatan ini, para siswa juga melakukan riset di daerah yang didatangi," kata Deni.

Deni juga mengajak masyarakat di Bandar Laksamana untuk mengirimkan anaknya belajar di Cendana. Karena di Cendana, selain berprestasi, anak-anak bisa berkreativitas dan inovasi dalam menjalin hubungan dengan dunia luar.

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk sekolah, masyarakat yang menerimanya. Terimakasih kepada Camat Bandar Laksamana yang sudah menerima kami dengan baik, semoga hubungan silaturahim ini terus terjalin," ujar Deni lagi didampingi Kepala SMA Cendana Duri, Dra Wiselmi.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Bandar Laksamana, Acil Esyno SSTP MSi didampingi istri, Diana Rita MPd yang juga guru matematika SMA mengaku salut dengan program sosial pelajar SMA Cendana Duri. Sebab mampu mengumpulkan dana dalam jumlah besar dan menyalurkannya untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Kegiatan Baksos dari SMA Cendana Duri ini kami gandengkan dengan kesehatan program PKK Kecamatan Bandar Laksamana. Meski Kecamatan ini jauh dari lingkungan sekolah SMA Cendana Duri, tapi dengan rasa kepedulian anak-anak tadi, masyarakat di sini mendapat bantuan," kata Camat Bandar Laksamana.

Setelah kegiatan Baksos, rombongan SMA Cendana melakukan riset ke Makam dan rumah Datuk Laksamana Raja di Laut IV, Encik Ali Akbar yang berada di Kecamatan Bandar Laksamana. Masing-masing siswa membawa kertas dan pena untuk menulis hasil wawancaranya dengan tokoh masyarakat di sekitar rumah Datuk Laksamana Raja di Laut IV.***