SELATPANJANG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) melepas keberangkatan 6 (enam) atlet Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Indonesia (Pengkab PBFI) Kabupaten Kepulauan Meranti. Pelepasan atlet dilaksanakan bertempat di sekretariat PBFI, Jalan Kartini, Selatpanjang, Kamis (16/12/2021) siang.

Pelepasan atlet untuk mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Riau itu dilakukan oleh Ketua 1 KONI Kepulauan Meranti, Sudarto didampingi sejumlah pengurus lainnya. Hadir juga Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) PBFI Kabupaten Kepulauan Meranti, Jhonly Parulian dan pengurus lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sudarto mengungkapkan bahwa kapasitas KONI adalah organisasi induk dalam rangka rekrutmen atlet, kemudian terkait PBFI adalah atlet pertama yang akan dikirimkan dalam rangka Kejurda.

"Tentunya kami jajaran KONI berharap sekali dengan adanya iven perdana ini, kemudian bisalah berbicara banyak dalam iven itu. Kemudian atlet-atlet yang dikirim 6 orang ini menjadi duta Kabupaten Kepulauan Meranti tentu harapan kami dari KONI bisalah mendapatkan hasil yang maksimal," ungkap pria yang akrab disapa Mas Darto itu.

GoRiau Wakil Ketua 1 KONI Kepulauan M
Wakil Ketua 1 KONI Kepulauan Meranti, Sudarto (tengah) bersama Ketua Pengkab PBFI Kepulauan Meranti, Jhonly Parulian (kanan/rambut gondrong) didampingi sekretarisnya, Muslihin (kiri) saat menandatangani berita acara pelepasan atlet, bertempat di Sekretariat PBFI, Jalan Kartini, Selatpanjang, Kamis (16/12/2021).

Selanjutnya, kata Darto, sesuai dengan keinginan kepala daerah dalam hal ini Bupati Kepulauan Meranti kedepan adalah ingin mencari bibit-bibit yang punya kualitas dan punya potensi untuk membawa nama Meranti kedepan lebih baik.

"Kami dari KONI tentunya mendukung program pak bupati dalam rangka mencari bibit, karena kita sepakat bahwa dalam iven-iven kejuaraan di tingkat provinsi kebanyakan kabupaten itu mengadopsi atau membawa atlet-atlet dari luar daerah. Ini yang menjadi keinginan kepala daerah bagaimana atlet tempatan putra-putra terbaik Meranti itu bisa bicara banyak," ucapnya berharap.

Sementara itu, Ketua Pengkab PBFI Kabupaten Kepulauan Meranti, Jhonly Parulian mengungkapkan bahwa meski dengan minimnya anggaran pihaknya tetap berupaya untuk memberangkatkan para atlet.

"Iya kita memberangkatkan atlet dengan menggunakan dana pribadi, namun dari pemerintah daerah tidak lepas tangan karena mereka juga membantu tranportasi dan penginapan. Tentunya kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dan supportnya," ungkapnya.

Dengan demikian, atas keberangkatan atlet dalam rangka Kejurda tersebut, Jhon berharap atlet dari kabupaten bungsu di Riau itu bisa mengikuti iven tersebut dengan sungguh-sungguh.

"Tentunya harapan kita, atlet Kabupaten Kepulauan Meranti bisa bersaing dengan atlet-atlet dari daerah lain sehingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Kepulauan Meranti nantinya," harapnya.

Dijelaskan Jhon, bahwa Pengkab PBFI Kepulauan Meranti memberangkatkan 6 atlet dan 4 official serta 1 juri, jadi ada 10 orang yang diberangkatkan.

"Hari ini (Kamis 16 Desember 2021) berangkat, kemudian mulai nanti malam, Jumat dan Sabtu mereka (atlet) di karantina. Jadi, semua makanannya kita atur. Kemudian timbang badannya akan dilaksanakan pada hari Sabtu (18 Desember 2021) dan acaranya hari Minggu (19 Desember 2021)," pungkasnya.***