PEKANBARU, GORIAU.COM - Walaupun Partai Demokrat Riau belum mendapatkan kepastian siapa yang akan diusung pada Pemilihan Gubernur Riau 2013 mendatang, namun sinyal yang tertangkap justru lebih mengarah kepada Ketua DPD I Partai Demokrat, HR Mambang Mit. Meski begitu, siapapun yang akan diusung, Demokrat masih membutuhkan koalisi mengingat tujuh kursi yang dimiliki tidak mencukupi untung mengusung pasangan calon.

''Kita masih membutuhkan dua kursi lagi untuk bisa mengusung pasangan calon Gubernur Riau. Artinya, konsentrasi Demokrat Riau saat ini masih terfokus pada mencari duet yang pas untuk mengusung calon,'' jelas Sekretaris Partai Demokrat Riau, DR Koko Iskandar kepada wartawan, Rabu (17/10/2012).

Menjawab mengenai majunya Mambang Mit dan Achmad sebagai calon dari Demokrat, Koko Iskandar tidak bisa memastikan kepada siapa dukungan akan diberikan DPP. DPP belum memastikan kepada siapa, tapi yang jelas kepada kader terbaik.

''Saya rasa sah-sah saja kalau ada warga yang ingin ikut bertarung saat Pilgubri 2013. Begitu juga ditubuh Partai Demokrat. Tetapi saya menilai yang berpeluang nanti adalah Mambang Mit, karena selain incumbent juga populer,'' katanya.

Koko juga menyebutkan, sinyal ke Mambang Mit sebenarnya sudah mulai dirasakan, termasuk dengannya apa yang diucapkan Sekretaris Dewan Pembina PD, Andi Mallarangeng beberapa waktu lalu di Pekanbaru. ''Kriteria calon yang akan didukung diantaranya Ketua DPD, incumbent, dan memiliki elektabilitas bagus di masyarakat,'' ujar Koko menirukan ucapan Andi Mallarangeng beberapa waktu lalu.

Selain itu, Mambang Mit juga telah mendapat dukungan internal Partai Demokrat. Baik itu dari DPD, DPC, DPAC, serta kader Partai Demokrat. Ditambah pula dalam Pilkada kabupaten/kota itu Mambang dinilai berhasil. (rdi)