JAKARTA - Merebaknya virus corona di beberapa negara tetangga harus disikapi serius dan penuh inisiatif bukan saja oleh otoritas kesehatan pemerintah pusat.

Namun juga harus diwaspadai oleh Dinas Kesehatan kabupaten dan provinsi terutama yang menjadi pintu masuk orang, khususnya di daerah-daerah perbatasan harus lebih intens memastikan peredaran orang masuk yang steril.

"Perlu juga diwaspadai apakah virus tersebut dapat menyebar menggunakan media selain manusia, mengingat banyaknya barang masuk dari luar yang bisa dengan mudah berpindah tangan," kata Komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat, Cecep Suryadi di Jakarta, Ahad (26/1/2020).

"Langkah cepat harus diambil untuk memastikan virus corona tidak menyebar di daerah-daerah di tanah air," sambungnya.

Cecep menyebut, informasi serta merta harus segera disampaikan secara masif oleh badan publik seperti Kementrian Kesehatan, Pelindo, Angkasa Pura, pemerintah daerah termasuk memastikan di beberapa pulau terluar di mana celah untuk masuk dari negara tetangga terbuka lebar.

"Misalnya di kabupaten Kepulauan Meranti, Batam, Tanjung Pinang dan lain-lain di mana peredaran orang dan barang masuk sangat intens," katanya.

Cecep juga meminta bahwa penyedia jasa perjalanan seperti maskapai penerbangan terutama yang melayani rute-rute yang berindikasi vurus corona harus memastikan.

"Termasuk maskapai juga harus memastikan kru yg bertugas harus aman ketika kembali bertugas dari luar negara," tutupnya.***