PEKANBARU - Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartanto mengimbau kepada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau, Prof Ilyas Husti untuk tidak membuat kegaduhan dalam pembentukan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau.

Sebagai informasi, Pemprov Riau yang diwakili Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution resmi memfasilitasi pembentukan FKUB Riau periode 2021-2026 yang diketuai oleh Abdurrahman Qoharuddin.

"Prosesnya sudah dilewati dengan baik, sudah ada keputusan tetap, Ketua MUI Riau kan professor, harus banyak membaca aturan," kata Sekretaris DPW PKB Riau ini, Kamis (10/6/2021).

FKUB, jelas Ade, merupakan perkumpulan dari semua tokoh pemuka agama, dan leading sektornya adalah Kepala Kanwil Kemenag, Kesra dan Kesbangpol. Sementara MUI Riau hanya bagian dari unsur, bukan pemilik FKUB.

"Yang jelas ini forum yang baik untuk menjaga kerukunan kita, dan ini forum terdiri dari berbagai unsur. MUI Riau Tabayyun lah ke FKUB, jangan bilang gaduh, dan yang bilang gaduh ini jangan-jangan mereka yang buat gaduh," tuturnya.

Ade menyinggung soal pemilih Ketua MUI Riau yang kala itu diputuskan Ilyas Husti, penunjukkan Ilyas Husti menciptakan polemik hingga sejumlah ulama menyatakan mundur dan tidak mau dipimpin oleh Ilyas Husti.

"Jadi, kalau sudah selesai, ya sudah selesai," pungkasnya. ***