JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memberikan santunan kepada korban banjir di sejumlah titik di Jakarta dan Bekasi. Santunan total senilai Rp.378 juta itu berasal dari pribadi LaNyalla sebesar Rp.250 juta, sisanya berasal dari kas Dharma Wanita DPD RI dan kas korps pegawai negeri DPD RI, masing-masing Rp.28 juta dan Rp.100 juta.

Bantuan difokuskan kepada dua sasaran, selain warga Terdampak banjir yang masih mengungsi dan staf serta karyawan DPD RI yang menjadi korban banjir. “Ada sekitar 50-an staf DPD RI yang rumahnya terendam banjir. Bahkan ada juga yang mengungsi. Ini juga kita bantu, selain warga lainnya,” ujar LaNyalla yang datang bersama anak dan istrinya, Minggu (5/1/2020).

Uang sebesar Rp75 juta dari pribadi LaNyalla, makanan, minuman dan berbagai kebutuhan diserahkan untuk para pengungsi korban bencana banjir di masing-masing tempat.

Didampingi Senator asal Jakarta, Sylviana Murni dan Fahira Idris, LaNyalla berharap masyarakat tidak perlu saling menyalahkan atau mencari siapa yang salah atas musibah ini. Lebih baik bersatu padu menghadapi dan mengambil pelajaran atas musibah tersebut.

“Semangat gotong royong untuk saling meringankan beban jauh lebih penting untuk dikedepankan dalam situasi seperti ini,” tukasnya.

Ditambahkan LaNyalla, Presiden Jokowi sudah perintahkan menteri terkait untuk mengambil tindakan cepat. Begitu pula Gubernur DKI, Jabar dan Banten beserta jajarannya. Akan lebih cepat apabila lapisan masyarakat juga berbuat konkret membantu saudara-saudara kita.

"Selain wujud nyata pengamalan Pancasila, kegiatan ini juga perintah agama, karena meringankan beban saudaranya adalah bagian dari amal saleh,” pungkas LaNyalla.

Di Kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat, anggota DPD RI Sylviana Murni, mengingatkan pentingnya "Urun rembuk secara transparan antara forum komunikasi tiap kelurahan dengan warganya, agar masyarakat tahu uang dipergunakan untuk apa,".***