PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Baru sepasang induk beruang madu yang berhasil ditangkap di area perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Langgam Inti Hibrindo (LIH). Masih ada lagi dua anak beruang madu yang belum berhasil ditangkap, kerangkeng jebakan pun kembali dipasang.

Dikatakan Humas PT LIH, Yusman, Kamis (12/3/2015), sebelum berhasil ditangkap, sepasang beruang yang diikuti anaknya tersebut telah lama menampakkan diri di area perkebunan perusahaan.

"Bahkan salah seorang karyawan PT LIH sempat dicakar oleh beruang itu, untung lukanya tak parah. Ini mengancam keselamatan para karyawan," ungkapnya.

Diungkapkan Yusman, kejadian tersebut telah lama terjadi, karena saat itu karyawan PT LIH tengah melakukan pembabatan semak di kawasan perusahaan.

"Berkemungkinan beruang itu bersembunyi di sekitar lokasi yang dibabat, karena terkejut beruang itu kemudian langsung mencakar karyawan," ungkapnya.

Karena peristiwa itu, sambung Yusman, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka pihak perusahaan segera menghubungi BKSDA Riau guna melakukan penangkapan binatang beruang yang telah mengancam keselamatan karyawan.

"Hampir selama 1,5 bulan kerangkeng itu dipasang, baru sepasang beruang saja yang berhasil ditangkap," sebutnya.

Yusman menambahkan, beruang yang berhasil ditangkap sudah dibawa ke BKSDA Riau. Namun karena masih ada dua anak beruang lagi yang belum tertangkap, maka kerangkeng jebakan itu kembali dipasang di kawasan perusahaan.

"Tentu kita masih berharap kedua anak beruang itu bisa kita tangkap lagi dengan kerangkeng yang kita pasang," tandasnya.(***)